• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

KONI Sumatera Barat Tetapkan Tiga Tuan Rumah Porprov

28 December
13:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat menetapkan tiga tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) melalui rapat kerja KONI se-Sumatera Barat, pada Jumat (27/12/2019) hingga Sabtu (28/12/2019), di Padang.

Ketua KONI Sumatera Barat Syaiful kepada RRI mengungkapkan, pemilihan tuan rumah diawali dengan verifikasi ke lapangan terhadap empat kabupaten/kota yang mengajukan diri sebagai tuan rumah. Empat kabupaten/kota yang mengajukan diri sebagai tuan rumah yakni Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang sebagai tuan rumah bersama, kemudian Kota Pariaman, Kota Solok, dan Kabupaten Solok Selatan.

"Kita sudah melakukan verifikasi lapangan pada bulan Juni hingga September 2019 dengan menurunkan lima orang anggota tim verifikasi," katanya.

Lanjut Syaiful, setelah dilakukan verifikasi, KONI Sumatera Barat mempersilakan calon tuan rumah Porprov tersebut untuk mempersentasikan terkait kesiapan pada Jumat malam (27/12/2019). Kemudian esok hari dilakukan pemilihan melalui voting dari 18 kabupaten/kota KONI di Sumatera Barat.

"KONI Bukittinggi tidak hadir, jadi hanya ada 18 suara,"sebutnya

Dari hasil voting, terpilih Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang sebagai tuan rumah Porprov ke 17 pada 2022 mendatang dengan perolehan delapan suara. Sementara itu, posisi suara kedua terbanyak di raih Kota Solok memperoleh  5 suara, sehingga berhak untuk menjadi tuan rumah Porprov ke 18 pada 2024. Posisi ketiga didapati oleh Kota Pariaman dengan 3 suara, yang akan menjadi tuan rumah Porprov ke 19 pada 2026 mendatang.

"Kabupaten Solok Selatan hanya mendapatkan 2 suara, kemungkinan nanti bisa diprioritaskan menjadi tuan rumah Porprov ke 20 pada tahun 2028 nanti,"ungkapnya.

Menurut Syaiful, tiga tuan rumah dimaksud mesti menyerahkan surat pernyataan kesediaan dari kepala daerah dan DPRD setempat, paling lambat hingga 13 Januari 2020. Hal tersebut sebagai penguat, agar ke depannya tidak ada lagi pengunduran jadwal pelaksanaan kegiatan Porprov. Setelah mendapatkan surat pernyataan kesediaan, barulah KONI Sumatera Barat memintakan surat keputusan dari Gubernur Sumatera Barat.

"Kita tidak ingin adanya permasalahan dikemudian hari, sehingga menyebabkan penundaan pelaksanaan Porprov," ujarnya.

Ia menambahkan, diadakannya pemilihan tuan rumah untuk tiga kali penyelenggaraan Porprov ke depan, guna mematangkan persiapan tuan rumah. Baik dari segi penganggaran, maupun dalam hal kesiapan sarana dan prasarana pertandingan.

"Kalau jauh-jauh hari sudah ditetapkan tuan rumah, maka diharapkan tidak ada lagi permasalahan terkait kesiapan," sebutnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00