• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pasang Peringatan Tsunami dan Gempa di Sumbar, BMKG Minta Baterai Agar Tak Dicuri

23 December
19:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang 194 alat peringatan dini tsunami tahun 2019. Kepala BMKG, Prof. Dwikorita Karnawati mengatakan, alat itu dipasang tersebar di seluruh Indonesia. Di Sumatera Barat (Sumbar) tahun ini telah terpasang 15 unit di 7 kabupaten/kota wilayah pesisir yang berpotensi mengalami tsunami.

“Misalnya dipasang di Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Agam, dan Pasaman Barat. Sebelumnya sudah dipasang 9, kemudian ditambah 15, jadi seluruhnya di Sumatera Barat ada 24,” ungkap Dwi Korita usai rapat koordinasi pengurangan resiko banjir bandang, di Padang, Senin (23/12/2019).

Dwi Korita menjelaskan, tujuan pemasangan alat dimaksud untuk memberikan peringatan dini secara cepat ke masyarakat, sehingga waktu penyelamatan diri dari tsunami bisa lebih panjang.

“Tidak sampai 3 menit peringatan dini tsunami bisa diketahui masyarakat, sehingga bisa segera evakuasi,” ucapnya.

Selain alat peringatan dini tsunami, BMKG juga memasang 50 sensor deteksi dini gempa bumi di Sumbar. Akan tetapi alat itu belum beroperasi. Sebab sistemnya masih dalam instalasi.

“Sebelum gempa atau guncangan, 15 sampai 30 detik akan keluar peringatan dini. Memanfaatkan waktu itu, masyarakat bisa berlari cari tempat aman,” ujarnya.

Dwi Korita menambahkan, alat BMKG itu dipasang di lokasi milik pemerintahan, sehingga bisa lebih aman. Pengalaman di daerah lain, terdapat baterai untuk sensor yang dicuri masyarakat, sehingga alat tak berfungsi. “Saya harap itu tidak terjadi di Sumbar,” pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00