• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Penetapan Perubahan Susunan Perangkat Daerah

26 November
20:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Sumatera Barat dan Ranperda tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi dan  usaha kecil menjadi Perda, melalui rapat paripurna, Selasa (26/11/2019).

Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Irsyad Syafar mengungkapkan, secara prinsip pembahasan kedua Ranperda dimaksud, sudah dirampungkan oleh Komisi I dan Komisi II sebagai komisi terkait dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Hasil pembahasan dimaksud, telah disampaikan pada Menteri Dalam Negeri untuk difasilitasi.

Sementara itu juru bicara Komisi I DPRD Sumatera Barat Nurnas mengungkapkan, dalam rangka menyesuaikan beban kerja, kebutuhan dan efektivitas kelembagaan perangkat daerah dalam mencapai target kinerja. OPD yang dilakukan perubahan yakni, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menjadi Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air menjadi Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi. Kemudian Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran menjadi Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menjadi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

"Lalu Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menjadi Dinas Kependudukan Pencacatan Sipil," sebutnya.

Nurnas menambahkan, diharapkan kepada pemerintah daerah setelah disahkannya perubahan atas perda nomor 8 tahun 2016, maka peraturan gubernur yang mengatur tentang tugas pokok dan fungsi OPD tidak lagi tumpang tindih.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00