• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pasar Cerdas Bencana

30 November
11:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, pADANG : Pemerintah Kota Padang, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meluncurkan program Membangun Kesiapsiagaan Pasar Cerdas Bencana. Program ini melibatkan pedagang, Satuan Pengamanan Pasar serta  pegawai Dinas perindustrian Perdagangan Kota Padang.

Program tersebut sebagai upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana alam dengan menyasar seluruh elemen masyarakat. Tak terkecuali, warga masyarakat yang melaksanakan aktivitas di Pasar yang juga tak lepas dari kerentanan bencana alam.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaaan BPBD Kota Padang Hendry mengatakan dari segi geografis, Kota Padang menjadi salah satu kota di Indonesia yang paling rawan bencana. Untuk itu penanganan mitigasi bencana harus dilakukan secara intens, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam menghadapi setiap ancaman bencana.

Hendry menjelaskan, Kota Padang memang dikenal sebagai kota etalase bencana. Menurutnya, kondisi geografisnya serta potensi keindahan alamnya yang mempesona bersanding dengan topografinya berupa pantai dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ombaknya cukup tinggi. Selain itu, risiko bencana lain yang dapat mengadang setiap saat adalah gempa bumi dan tsunami.

“Kami menginginkan, pedagang, satuan pengamanan pasar serta masyarakat yang ada di pasar harus cerdas dalam mitigasi bencana. Salah satunya melalui program Pasar Cerdas Bencana ini,” ujar Hendry. Sabatu (30/11/2019).

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Padang Hendry menambahkan, Pasar Cerdas Bencana merupakan salah satu program upaya membangun budaya kesiapsiagaan khususnya warga masyarakat yang beraktifitas di Pasar, baik pra bencana, saat bencana dan pasca bencana.

Melalui program ini, ia berharap semua warga masyarakat terutama pedagang dan satuan pengamanan pasar akan cerdas menyikapi bencana sehingga tidak lagi panik. “Karena sudah mengikuti dan melaksanakan langkah-langkah penyelamatan sesuai aturan-aturan ilmu yang diberikan,” kata dia.

Hendry menjelaskan, program Pasar Cerdas Bencana ini akan diterapkan ke semua Pasar yang ada di kota Padang.  Untuk tahap pertama dilaksanakan selama 3 hari mulai 28-30 November 2019 pada salah satu hotel di Padang. Untuk hari pertama Pasar Raya Padang, hari kedua Pasar Gaung serta Pasar lubuk buaya untuk hari ketiga dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang.

“ Masyarakat Padang mungkin bisa berkaca pada gempa bumi yang terjadi pada 2009. Karena tidak memiliki ilmu dan wawasan kebencanaan, sebagian masyarakat ada yang bergerak dan menyelamatkan diri sesuai kehendak masing-masing. Korban banyak berjatuhan dan kami tidak ingin kejadian itu terulang kembali,” kata Hendry.

Pasar Cerdas Bencana tersebut nantinya bisa membangun budaya siaga dan budaya aman di Pasar dengan mengembangkan jejaring bersama para pemangku kepentingan di bidang penanganan bencana.

Henry juga mendorong seluruh masyarakat, pedagang dan satuan pengamanan pasar yang terlibat untuk bisa meningkatkan kapasitas dan individu dalam mewujudkan tempat pasar juga aman apabila sewaktu waktu bencana gempa dan tsunami melanda Kota Padang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00