• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dosen Mesti Maksimal Jalankan Tiga Tugas ini

28 November
15:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Sekjen Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Profesor Ainum Na'im mendorong agar dosen dalam menjalankan tiga tugas utama harus maksimal.

Menurutnya, dosen memiliki tiga tugas utama yakni pendidikan, peneliti dan pengabdian masyarakat. Untuk itu, dosen harus dapat memastikan tugas yang diberikan bermanfaat bagi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensinya.

"Saat sekarang ini, dosen dalam memberikan tugas pada mahasiswa mesti mengutamakan pemanfaatan dari tugas tersebut, sehingga yang dibebankan kepada mahasiswa jelas berdampak baik pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bagi masyarakat," tuturnya usai memberikan kuliah umum terkait Tata Kelola dan Penganggaran Kementerian Riset dan Teknologi dan Peresmian Gedung Pusat Pendidikan Profesi Guru UNP, Kamis (28/11/2019) di Auditorium UNP. 

Selain itu, kata Prof. Ainum, kuliah juga harus lebih inovatif yaitu bisa memberikan stimulan bagi mahasiswa untuk merealisasikan secara maksimal potensinya. Kuliah sekarang tidak hanya mengajar.

"Di era saat ini dosen tidak bisa satu satunya sumber pengembangan kompetensi. Mahasiswa bisa belajar jauh lebih baik dengan berbagai cara dan dosen hanya sebagai fasilitator," ungkapnya. 

Untuk itu, sebutnya, dosen harus bisa mendesain bagaimana mahasiswa dapat mengerjakan sesuatu yang bermanfaat kepada masyarakat, termasuk bekerja sama dalam tim, berkomunikasi dan memimpin.

Sementara itu, Rektor UNP Ganefri mengatakan, UNP mendapat penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum atau PTN BLU terbaik dalam Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Tahun Anggaran 2018, salah satunya karena tata kelola anggaran dinilai baik.

"Ke depan akan terus diperbaiki dan akan mengikuti regulasi yang ada," ujarnya. 

Sementara itu, terkait hasil riset, sebut Ganefri, riset dosen UNP yang diterbitkan dalam tahun ini ditargetkan sebanyak 800an, sedangkan tahun depan sebanyak 1.300an.

"Kita harapkan tahun ini dapat tercapai. Kalau tahun depan minimal satu dosen harus ada satu hasil riset," katanya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00