• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

UNP Anugerahi Doktor Honoris Causa pada Jusuf Kalla

19 November
18:49 2019
0 Votes (0)

KBRN,Padang : Universitas Negeri Padang (UNP) akan memberikan anugerah Doktor Honoris Causa (HC) pada mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla. Pemberian gelar kehormatan tersebut direncanakan pada 5 Desember 2019 melalui Rapat Senat Universitas, yang akan dihadiri oleh berbagai tokoh nasional.

Rektor UNP Profesor Ganefri mengungkapkan, Universitas Negeri Padang dalam menganugerahi gelar kehormatan Doktor HC untuk Jusuf Kalla sudah mengajukan surat pengusulan ke Dirjen Sumber Daya dan Iptek Dikti pada awal September lalu, dan disetujui pada 1 November 2019.

"Ini merupakan hasil dari kajian yang matang dari tim pakar Penjaminan Mutu Pendidikan di UNP. Selain itu kita juga sudah memiliki prodi pascasarjana Ilmu Pendidikan berakreditasi A, sebagai salah satu syarat utama pengajuan gelar doktor kehormatan," kata Ganefri, kepada RRI Selasa (19/11/2019). 

Lanjutnya, alasan UNP memberikan gelar HC, karena Jusuf Kalla dinilai dan dipandang sebagai tokoh penggagas, pejuang dan pengawal mutu pendidikan di Indonesia.Jusuf Kalla berperan dalam  penjaminan mutu di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), diantaranya sukses  pelaksanaan ujian nasional hingga saat ini. Selain itu, Jusuf Kalla sangat serius dalam mendukung implementasi delapan Standar Nasional Pendidikan.

"Kiprah JK dalam mengawal ujian nasional sebagai tolok ukur penjaminan dan pemetaan mutu pendidikan nasional. Tidak hanya itu Kualiva Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) terlaksana untuk kurikulum perguruan tinggi dan UNP telah menerapkannya dengan melakukan penyesuaian kurikulum berbasis KKNI sampai sekarang masih bertahan," jelasnya.

Ganefri menambahkan, melalui kebijakan, kiprah dan komitmen Jusuf Kalla sebagai tokoh yang memiliki kepedulian pada mutu pendidikan, terbukti berimbas terhadap mutu pendidikan dalam  rangka membangun peradaban bangsa, untuk mengejar ketertinggalan agar sejajar dengan negara lain, yang lebih dulu maju di bidang pendidikan.

"Tercatat gelar Doktor Honoris Causa bagi Jusuf Kalla sudah diterima dari dalam maupun luar negeri meliputi berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia serta University of Malaya Malaysia 2007 , Soka University Jepang juga di tahun 2007 dan Rajamangala University of Technology Thailand pada 2017,"sebutnya

Sebelumnya, UNP sukses memberikan gelar anugerah Doktor Honoris Causa pada Anwar Ibrahim dan Megawati Soekarno Putri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00