• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Atasi Permasalahan Wilayah Kumuh DPRD Riau Belajar ke DPRD Sumbar

15 November
21:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Guna mengatasi permasalahan wilayah kumuh di Provinsi Riau, Komisi IV DPRD daerah itu melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke DPRD Sumbar, Jumat, (15/11/2019).

Ketua Komisi IV DPRD Riau Parisman Ikhwan mengatakan, kedatangannya beserta rombongan adalah untuk mengadopsi pemikiran strategis yang ada di Provinsi Sumbar, baik terkait pelaksanaan pemerintahan, pengelolaan wilayah kumuh, dan pembangunan infrastuktur yang ramah lingkungan. Mengingat pengelolaan wilayah kumuh di Provinsi Riau menjadi hal yang belum bisa dituntaskan hingga saat ini. Ada ratusan hektare wilayah kumuh di Riau menjadi tanggung jawab provinsi. 

"Kami menilai di Sumbar persoalan ini telah dikelola dengan baik, dibuktikan daerah ini juga telah memiliki Perda tentang Pengelolaan Sampah Regional, ini menjadi referensi untuk kami," katanya Parisman.

Anggota Komisi IV DPRD Riau lainnya, Almainis menuturkan, banyak hal yang patut dicontoh dari Sumbar. Selain telah mengelola wilayah kumuhnya dengan baik, sehubungan dengan pemerintahan, provinsi ini juga peringkat 25 dalam hal penyalahggunaan anggaran versi Komisi Pemberantsan Korupsi (KPK).

"Mengingat banyak yang positif, pemerintah Riau mesti menjadikan Sumbar sebagai referensi dalam menjalankan roda pemerintahan,” katanya.

Sementara itu, salah satu pejabat struktural Sekretariat DPRD Sumbar, Riswandi yang menyambut kedatangan rombongan mengatakan, saat ini Pemprov Sumbar tengah menangani 800 hektare wilayah kumuh. Ratusan hektare tersebut tersebar di 17 kabupaten/kota.

“Kita mendorong dewan mengalokasikan dana pokir mereka ke pengentasan wilayah kumuh, sehingga ke depan tidak ada lagi wilayah seperti itu di Sumbar,” sebutnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00