• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Gebyar Mutiara Minang, Wahana Memacu Kreatifitas Seni Budaya Daerah

17 November
17:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang :Sebagai wahana mengasah kemampuan seni tradisonal daerah, Sanggar Tari Mutiara Minang - STMM  telah banyak menghasilkan  para penari profesional yang sudah melalang buana ke berbagai daerah, termasuk mancanegara. Sanggar tari yang kini  berusia sekitar 15 tahun itu  merupakan salah  satu wahana strategis pengembangan bakat sekaligus menanamkan kecintaan anak  terhadap kekayaan budaya daerah yang mesti diwariskan dan dilestarikan keberadaannya.

Ditemui di sela-sela kegiatan Gebyar Mutiara Minang 2019 yang berlangsung di Musuem Adityawarman, Pimpinan Sanggar Tari Mutiara Minang, Delni Harlaku Luis kepada RRI mengatakan, penyelenggaraan  event tahunan selain bertujuan melestarikan aset budaya daerah, juga merangsang kreatifitas seni anak  sejak  usia dini hingga mereka tumbuh menjadi remaja yang peduli dan  mencintai aset budaya daerah, khususnya  seni tari yang dewasa ini telah berkembang dalam berbagai kreasi seni.

"Gebyar Mutiara Minang 2019  yang  memperlombakan  beberapa kategori tidak hanya diikuti penari dari kalangan interen, namun sanggar tari  se-Sumatera Barat,'' ungkapnya kepada RRI, Minggu, (17/11/2019). 

Para penari dari  usia dini hingga remaja  unjuk kebolehan dihadapan para juri, menyajikan tampilan terbaik untuk capaian maksimal yang setiap waktu memotivasi anak gigih berlatih,  mengasah kemampuan pada ruang seni yang telah disediakan. Seni mengajarkan anak  banyak hal, tidak saja kemampuan mengolah gerak, namun kesadaran mencintai nilai-nilai budaya  yang dewasa ini  makin tergerus oleh berbagai pengaruh yang datang dari luar. Nilai-nilai seni  membentuk  kepribadian anak agar senantiasa melestarikan budaya tradisional yang diwariskan secara turun temurun.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00