• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Wagub Sumbar Sampaikan Jawaban, Pandangan Fraksi Jadi Perhatian

1 November
17:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : DPRD Provinsi Sumatera Barat mengingatkan pemerintah provinsi mengenai saran dan masukan DPRD terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020 harus jadi perhatian. DPRD Sumbar menekankan pentingnya perhatian terhadap pendapatan daerah, pertumbuhan ekonomi serta pembiayaan yang proporsional.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi, membuka rapat paripurna penyampaian jawaban pemerintah terhadap pandangan umum fraksi – fraksi DPRD terhadap RAPBD, Jumat (1/11/2019) menyampaikan beberapa poin yang harus menjadi perhatian. Dalam pandangan umum fraksi yang disampaikan saat rapat paripurna sebelumnya, cukup banyak saran dan masukan, pertanyaan dan pandangan terkait muatan RAPBD.

“Banyak masukan, saran, pandangan dan pertanyaan yang disampaikan oleh fraksi- fraksi terkait muatan RAPBD," sebutnya. 

Saran dan masukan tersebut kata Supardi, antara lain, fraksi-fraksi mendorong pemerintah daerah untuk lebih inovatif dan kreatif mengupayakan peningkatan pendapatan daerah. Fraksi-fraksi juga meminta pemerintah daerah memiliki strategi sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi perlambatan pertumbuhan ekonomi.

“Karena kondisi perlambatan pertumbuhan ekonomi tentu berdampak kepada penerimaan daerah. Perlambatan ini dimungkinkan bisa terjadi mengingat proyeksi pertumbuhan ekonomi global di tahun 2020 akan mengalami perlambatan,” jelasnya. 

Supardi juga mengingatkan pemerintah provinsi terkait pandangan umum fraksi mengenai anggaran yang belum proporsional. Alokasi belanja tidak langsung masih jauh lebih besar dari belanja langsung.

Sementara itu, jawaban pemerintah provinsi terhadap pandangan umum fraksi DPRD disampaikan oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit. Nasrul menyatakan sangat memahami pandangan, masukan, saran dan pertanyaan dari DPRD.

“Saran, masukan dan pandangan ini akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah daerah melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam pembahasan lanjutan RAPBD 2020,” sebutnya. 

Sebelumnya, pemerintah provinsi Sumatera Barat telah menyampaikan RAPBD tahun 2020 ke DPRD untuk dibahas. Berdasarkan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS), pendapatan daerah tahun 2020 diproyeksikan sekitar Rp6.412 triliun lebih sedangkan belanja daerah sekitar Rp6,6 triliun lebih.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00