• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemanfaatan Palapa Ring untuk Mitigasi Bencana

14 November
14:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Keberadaan Palapa Ring yang sudah menjangkau seluruh kabupaten/kota di Indonesia, diharapkan dapat membantu dalam hal mitigasi bencana.Terutama, bagi Kota Padang yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam.

Hal tersebut disampaikan Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Kementrian Koordinator Perekonomian, Eddy Satriya saat pelaksanaan Focus Grup Discusion terkait Pemanfataan Palapa Ring untuk mendukung mitigasi bencana di Ruang Abu Bakar Jaar, Kamis (14/11/2019).

Menurut Eddy, pemanfaatan Palapa Ring dapat mempercepat penanganan kebencanaan seperti mitigasi bencana, pascabencana, maupunperingatan dini atau early warning system. Lantaran dengan adanya Palapa Ring akan membuat akses internet tetap hidup ketika bencana, sehingga menjamin tidak terganggunya akses ke masyarakat. Tujuannya agar dapat mengurangi dampak sebelum dan sesudah bencana.

"Semua sudah dijamin, sehingga informasi sebelum bencana dan pascabencana bisa dipastikan cepat sampai ke masyarakat, sehingga kita dapat mengurangi dampaknya," jelasnya. 

Eddy mengungkapkan, Palapa Ring merupakan proyek pembangunan tulang punggung internet cepat nasional yang menghubungkan 514 kabupaten/kota di Indonesia. Dibangun dengan kerja sama  Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Non-KPBU. 

"PT. Telkom telah mengintegrasikan backbone serat optik di 457 Kabupaten/Kota melalui skema Non-KPBU," sebutnya.

Asisten Administrasi Sekretariat Kota Padang, Didi Aryadi mengatakan,
FGD ini sangat membantu Kota Padang yang memang fokus memberikan mitigasi bencana.

"Kegiatan ini justru diinisiasi oleh Kemenko Perekonomian, kami ucapkan terima kasih, bahwa Kota Padang yang merupakan daerah rawan bencana dapat memanfaatkan fasilitas Palapa Ring yang sudah selesai," katanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00