• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sensus Penduduk 2020 melalui Daring

13 November
16:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan sensus penduduk dengan sistem dalam jaringan atau online pada 2020. Pengumpulan data akan menggunakan teknologi informasi berupa computer assisted personal interviewing (CAPI).

"Apabila sebelumnya pelaksanaan sensus secara manual yakni petugas datang mewawancara. Namun di 2020 digabungkan tiga metode yaitu wawancara manual, menggunakan CAPI dan mendorong partisipasi masyarakat melakukan sensus secara daring," tutur Kepala BPS Kota Padang Joni Suryadi saat diseminasi informasi di Command Center, Balai Kota Padang, Rabu (13/11/2019).

Ia menjelaskan, sensus penduduk 2020 juga menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil Kemendagri sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada saat sensus sebagai upaya mewujudkan satu data kependudukan. Lantaran saat ini terjadi perbedaan data statistik antar instansi dan sulit mencari data pemerintah.

Selain itu sensus penduduk 2020 bertujuan mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses.

"Ke depan diharapkan tidak ada lagi kesimpangsiuran data yang dapat membingungkan pengambil kebijakan," katanya. 

Lanjut Joni, untuk itu BPS Kota Padang akan menyiapkan dan melibatkan langsung petugas dari pengurus Rukun Tetangga (RT) untuk menyukseskannya. Dilibatkannya pengurus RT ini, agar masyarakat di Kota Padang ikut berpartisipasi dalam mengisi pertanyaan yang akan dikirimkan ke setiap ponsel masyarakat. Nantinya, pengurus RT akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di lingkungannya.

Sebelum menyosialisasikan kepada masyarakat, para petugas akan dibekali pengetahuan untuk memberikan pengarahan warganya dalam mengisi sensus secara daring tersebut. Rencananya para pengurus RT akan dikumpulkan pada awal tahun. 

"Pelaksanaan sensus penduduk secara daring itu dilaksanakan pada Februari tahun 2020. Di Januari akan kita bekali dulu RT dalam mengisi kuisioner," sebutnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00