• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Geliat Potensi Ekonomi pada Ruas Tol Padang - Pekanbaru

13 November
16:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Pembangunan infrastruktur jalan di Sumatera Barat mulai menunjukkan kontribusi  cukup besar terhadap perekonomian daerah, salah satunya Tol Padang-Pekanbaru yang pengerjaannya saat ini dikebut PT Hutama  Karya Infrastruktur - HKI. Dalam perbincangannya dengan  RRI, Kepala Proyek Tol Padang – Pekanbaru PT HKI, Sri. B. Setiawibowo mengatakan, jalan merupakan akses strategis yang menghubungkan  kutub-kutub pertumbuhan ekonomi sehingga cukup beralasan jika pemerntah pusat dewasa  ini getol membangun infrastruktur jalan di berbagai daerah, salah satunya Tol Padang-Pekanbaru yang diharapkan dapat memberikan  berbagai kemudahan kepada masyarakat dan investor yang akan  berinvestasi ke daerah. Pernyataan senada diungkapkan Ketua Kadin Sumatera Barat, Ramal Saleh yang menilai  keinginan pemerintah mendongkrak perekonomian masyarakat tidak terlepas dari dukungan dan ketersediaan infrastruktur di daerah.

"Pembangunan infrastruktur  mendorong peningkatan kapasitas produksi yang ditandai menggeliatnya sektor perdagangan di berbagai daerah," ungkap Ramal Saleh kepada RRI, Rabu, (13/11/2019).

Pembangunan Tol Padang – Pekanbaru mempersingkat  waktu tempuh karena  dalam hitungan 3 hingga 4 jam,  orang bisa sampai ke daerah tujuan yang sebelumnya memakan waktu cukup lama.
Pengerjaan tol termasuk simpang sebidang yang berada di By Pass kilometer  25  rampung dalam  kurun waktu  yang ditetapkan, satu hingga dua bulan ke depan. Menurut Ramal Saleh, berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk merangkul minat orang luar masuk ke Sumatera Barat. Semakin  banyak  orang  berkunjung ke daerah ini, semakin besar peluang masyarakat untuk memberdayakan potensi di daerah. Ramal berharap dukungan penuh masyarakat daerah mendukung kelancaran program nasional yang  nantinya berkontribusi terhadap berbagai lini, tidak saja perekonomian namun juga merangkul aspek lain, diantaranya, pariwisata, pendidikan dan kesehatan.

Dengan dibangunnya Tol Padang – Pekanbaru, wisatawan luar daerah  dalam hitungan jam  bisa  mengunjungi sejumlah destinasi wisata  di Sumatera Barat. Begitu pula mereka yang hendak melanjutkan pendidikan di Sumatera Barat. Dengan akses transportasi yang udah tertata,  tidak ada  alasan atau kekhawatiran lainnya yang menyebabkan orang luar enggan masuk Sumatera Barat. Hal lain yang tidak kalah penting adalah pemerataan kehidupan di pedesaan dan perkotaan. Masyarakat yang tinggal di pedesaan tidak perlu lagi  berburu ke kota  hanya untuk alasan mencari pekerjaan. Pembangunan infrastruktur jalan secara tidak langsung membuka peluang usaha bagi masyarakat  sehingga tidak ditemui lagi kesenjangan yang mencolok antara sisi kehidupan masyarakat  di desa dengan wilayah perkotaan.

 

 

 

 

 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00