• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Mencari Cara Membumikan Olahraga Melalui Konferensi Internasional

11 November
17:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang: Jurusan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP) akan menggelar International Confrence On Sport Science, HealtH and Toursm (ICOSSHT). Mengangkat tema 'Optimization Sport Sciences, Health and Tourism to Achieve Suistainable Development Goals'.

Mewakili Dekan FIK UNP, Prof Gusril mengatakan, tema seminar internasional ini didasari kondisi kekinian, yakni perkembangan teknologi yang menggerus kebiasaan olahraga masyarakat. Kecanggihan teknologi di era industri 4.0 membuat manusia malas gerak. Hari-hari masyarakat habis di depan layar komputer ataupun gawai.

“Tak heran kalau sekarang banyak orang yang kelebihan berat badan karena malas gerak. Nanti muaranya beragam penyakit menyerang, seperti obesitas, kolestrol, jantung, diabetes, kanker dan lainnya. Konferensi kali ini berbicara tentang cara mengaktifkan lagi pola hidup sehat dan berolahraga masyarakat. Membumikan kembali olahraga di tengah anak-anak yang sudah terserang candu gawai,” bebernya pada awak media, Senin (11/11/2019).

Prof. Gusril menjelaskan, kegiatan ini juga untuk mendongkrak semangat riset dari dosen agar berpacu dengan akademisi negara-negara lain di level Asia. Apalagi konferensi internasional yang diselenggarakan pada 13-14 November 2019 di Hotel UNP ini diikuti peserta perwakilan lima negara, yaitu Korea Selatan, Thailand, Malaysia, dan Oman. Sementara untuk peserta lokal akan diikuti oleh peserta dari Jakarta, Surabaya, Palembang, dan Jambi.

“Untuk pemakalah itu ada 122 orang dengan peserta 60 orang, jadi total akan ada 187 ditambah dengan keynote speaker. Dimana peserta ada dosen, guru pendidikan jasmani, mahasiswa, dan Dinas Pemuda dan Olahraga,” ucapnya.

Pada konferensi ini, pembicara kunci yang datang yakni Prof. Jeong Howon, Direktur Dapartemen Olahraga Rekreasi, Kyungpook National University Korea Selatan, Assoc. Prof. Dr. Nilmanee Sriboon dari Departemen Ilmu Olahraga dan Pengembangan Olahraga Thammasat University Thailand, Assoc. Prof. Dr. Selina Khoo dari University of Malaya, Malaysia. Kemudian  Drg. Kartini Rustandi M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI, dan dari UNP, Prof Gusril M.Pd.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00