• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Gaya Hidup

ICLS X di UNP, Cari Cara Menghadapi Hilangnya Profesi Guru

11 November
11:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang: Pada era kecanggihan teknologi, belajar bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Kondisi itu merupakan tantangan bagi guru agar berinovasi, supaya kegiatan belajar di kelas masih digemari siswa. Jika tidak, maka profesi guru terancam hilang. 

“Kemajuan teknologi membuat keberadaan guru terancam. Sebab peserta didik bisa saja mendapatkan pengetahuan dari ponsel cerdas yang mereka miliki,” ungkap Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri saat membuka International Conference on Lesson Study (ICLS) ke 10, Kamis (7/11/2019).

Menurut Prof. Ganefri, kemajuan teknologi berkembang pesat di dunia, sehingga merubah banyak sektor termasuk pendidikan. Namun tak semua negara mengalami disrupsi signifikan dalam hal pendidikan. Di Jepang misalnya, proses belajar di dalam kelas masih diminati siswa. Hal itu disebabkan, pola pendidikan dan materi ajar yang disajikan sangat menarik.

“Ini yang perlu terus kita pelajari, yaitu Lesson Study,” tuturnya.

Prof. Ganefri mengungkapkan, sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), UNP terus berupaya melahirkan tenaga pendidik yang mampu mengikuti perkembangan teknologi. Mahasiswa UNP yang kelak menjadi tenaga pendidik harus benar-benar mampu menjadi pendidik yang inovatif.

“Mengajarnya pun pakai teknologi informasi. Penyampaian materi dikemas menarik, itu kuncinya,” bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Panitia Pelaksana ICLS X, Zul Amri menyebutkan, LPTK memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu yang dilakukan dengan meningkatkan program Lesson Study, yakni peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif bersama murid. Lesson Study merupakan program nasional yang bekerjasama dengan pemerintah Jepang.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00