• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemko Padang Antisipasi Pengusulan Anggaran Tidak Tepat

6 November
18:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Pemerintah Kota Padang melakukan antisipasi pengusulan anggaran yang tidak tepat pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan menerapkan E-Planing atau perencanaan secara elektronik.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Medi Iswandi mengungkapkan, Pemerintah Kota Padang telah mewajibkan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) memiliki kerangka acuan yang berisi rincian penggunaan APBD. Menurutnya, apa yang terjadi di DKI Jakarta hampir terjadi di semua daerah, sedangkan di Kota Padang sudah dilakukan antisipasi sejak tahun lalu melalui E-Planning tersebut.

"Sebenarnya apa yang terjadi di DKI Jakarta itu juga terjadi di hampir seluruh daerah," sebutnya saat diseminasi informasi di Command Center Balai Kota Padang, Rabu (6/11/2019).

Medi menjelaskan, saat penyusunan APBD dimulai dari proses konsultasi perencanaan melalui musyawarah rencana pembangunan tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota yang kemudian dituangkan dalam dokumen Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) Selanjutnya saat RKPD biasanya hanya ada pagu anggaran dan OPD memaparkan kebutuhan anggaran hingga didapatkan angka.

"Namun akibat tergesa-tega dan terburu-buru seringkali OPD salah memasukan anggaran. Misalnya untuk pembangunan jalanan yang dianggarkan Rp30 miliar, tetapi OPD hanya menulis untuk pengeluaran pembelian aspal," jelasnya.

Ia menambahkan, sebelum dimasukkan dalam E-Planning, pihaknya juga menyuruh OPD untuk membuat pra rencana kebijakan anggaran secara manual, sehingga jelas alokasi anggaran yang digunakan.

"Kami sekarang dibantu Dinas Kominfo Kota Padang, setiap kegiatan harus ada kerangka acuan kerja yang berisi rincian kegunaaan APBD," ungkapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00