• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Debitur Dapat Melakukan Pengunduran Angsuran

21 October
16:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Penarikan kendaraan oleh perusahaan pembiayaan atau leasing terhadap pemilik yang menunggak atau tidak mampu melunasi kredit, ternyata telah melalui prosedur yangberlaku.

Kepala Divisi Pengelola Aset dan Piutang, PT Astra Credit Companies/ACC Padang, Arif Hidayat SH, kepada RRI menjelaskan, bahwa ada beberapa prosedur yang harus dilakukan pihak leasing sebelum benar-benar melakukan penarikan kendaraan dari konsumen. Mekanisme tersebut sebetulnya sudah tertulis dari perjanjian kontrak sejak awal pembelian kendaraan.

“Pertama dari kita, ada surat peringatan satu, dua, dan tiga, kemudian ada somasi. Setelah melewati tahap peringatan satu, dua, dan tiga, serta somasi, baru dilakukan penarikan terhadap unit atau objek tersebut,” ungkap Arif Hidayat, di ruang kerjanya.

Akan tetapi, tambah Arif Hidayat, jika debitur atau pembeli melakukan hal-hal di luar perjanjian yang bersifat merugikan, seperti merusak kendaraan, menggadaikan, atau yang lainnya, maka, pihak leasing berhak langsung melakukan penarikan.    

“Namun jika debitur melanggar kewajiban, seperti mobil digadai, dipreteli, otomatis, tanpa melalui prosedur surat peringatan satu, dua, dan tiga, bahkan tanpa disomasipun, kita berhak menarik unit tersebut,” ungkapnya.

Untuk itu, tambah Arif, jika proses penarikan tidak terjadi, maka jangan melakukan penunggakan. Jikapun terjadi penunggakan, maka solusi lain yakni customer dapat melakukan pengantian tanggal jatuh tempo, atau menunda tanggal jatuh tempo.

“Yang terpenting jangan sampai menunggak. Kalaupun menunggak dalam batas waktu 10 bahkan 20 hari, masih dapat dimaklumi pihak perusahaan, asalkan mobil dipegang oleh pihak pertama. Tapi solusi lain itu jika debitur tidak mampu membayar sesuai dengan tanggal awal kontrak, maka debitur dapat melakukan pergeseran tanggal pembayaran,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00