• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kepuasan Pengguna Jasa, Prioritas Pelayanan

11 October
18:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang :Kepuasan  pengguna jasa merupakan hal mutlak dalam pelayanan. Terkait hal itu, pengelola jasa  dituntut mampu menerapkan pelayanan yang optimal kepada publik,  seperti halnya  layanan  jasa transportasi  antar pulau. Masukan dan saran dari  masyarakat  sangat  dibutuhkan untuk optimalnya layanan jasa  publik, sebagaimana diungkapkan Rudi Iskandar,  pengelola armada  Mentawai Fast kepada RRI, Jumat, (11/10/2019).

Pihaknya jelas Rudi Iskandar tidak segan-segan menegur karyawan yang  mengabaikan pelayanan kepada masyarakat. Masukan dari  masyarakat sangat berarti dalam upaya meningkatkan  kualitas pelayanan armada yang terbagi dalam beberapa rute dimaksud. Persaingan dunia transprtasi menuntut pengelola jasa transportasi  melakukan berbagai gebrakan, bukan sebaliknya, mengurangi porsi layanan yang diterapkan sebelumnya. Keberadaan armada Mentawai Fast dalam beberapa tahun ini telah berkontribusi terhadap banyak hal, salah satunya mendongkrak perekonomian masyarakat daerah pedalaman. Namun tidak  pula dipungkiri, keberadaan armada laut bersubsidi seperti kapal perintis telah menjadi boomerang bagi pihak swasta untuk bisa berkembang dalam bisnis transportasi laut dimaksud.

"Armada bersubsidi dengan kapasitas penumpang 600 orang itu  dapat mematikan  usaha  swasta lainnya. Kapal besar dengan tarif pelayanan yang jauh lebih murah tentunya  menjadi incaran pengguna jasa,'' ujarnya.

Masyarakat lebih memprioritaskan keberadaan kapal bersubsidi tersebut sehingga kelanjutannya mempengaruhi minat masyarakat menggunakan armada  milik swasta  dimaksud. Di satu sisi, hal demikian membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan transportasi publik, namun di sisi lain berdampak terhadap  nilai  pemasukan yang nantinya diperoleh pengelola jasa transportasi  lainnya.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00