• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Disepanjang Etape TdS di Padang, Warga Diingatkan Tak Gelar Pesta Pernikahan

18 September
14:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Pemerintah Kota Padang melarang warga menggunakan jalan untuk kegiatan pesta pernikahan yang mendirikan tenda saat pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2019 di daerah ini. 

"TdS tahun ini yang melewati Kota Padang akan diselenggarakan pada 10 November, bertepatan dengan hari minggu," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian saat diseminasi informasi di Command Center Balai Kota Padang, Rabu (18/9/2019).

Arfian memastikan permintaan tersebut, bukan untuk melarang menggelar pesta pernikahan, hanya meminta menunda atau melaksanakan lebih awal sehingga tidak bertepatan dengan hari pelaksanaan TdS 2019. Lantaran mendirikan tenda di badan jalan akan mengganggu pertandingan.

"Jalan yang akan dilewati pembalap sepeda akan ditutup. Tentunya jika ada pesta bisa mengganggu," sebutnya. 

Ia menginformasikan, lokasi yang dilewati pembalap di Padang pada etape sembilan itu,  mulai dari Bungus, Gaung, Bypass, Lubuk Begalung, Pisang, Kampung Kalawi, Alai, Simpang Jam Ria dan Jalan Raden Saleh. Kemudian Jalan Veteran, Jalan Pemuda, Jalan Diponegoro, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Nipah, Muaro dan berakhir di Jalan Samudera.

Menurutnya, titik rawan lokasi pesta pernikahan mulai dari Simpang Ampang hingga ke Alai menuju Raden Saleh. Biasanya warga yang menggelar pesta pernikahan, sering menggunakan badan jalan untuk tenda.

"Kami tidak melarang pernikahan di tanggal 10 November itu ya, yang dilarang mendirikan tenda pernikahan di badan jalan yang dilewati pembalap," jelasnya. 

Arfian menambahkan, agar sosialisasi terkait larangan tersebut dapat sampai ke masyarakat, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Agama setempat untuk mencegah adanya warga yang melaksanakan pesta pernikahan di rute yang dilewati. Begitu juga dengan Camat dan Lurah diharapkan dapat memantau warganya.

"Sudah menjadi kebiasaan masyarakat menggelar pesta pernikahan dengan memakai badan jalan. Padahal hal ini tidak dibenarkan," ungkapnya. 

Tour de Singkarak 2019 akan berlangsung pada 2 hingga 10 November 2019, dengan hadiah mencapai Rp2,3 miliar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00