• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pendidikan Harus Mengiringi Revolusi Industri

14 September
20:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang; Bertekad meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggandeng Universitas Negeri Padang (UNP). Tujuannya, agar UNP ikut mendidik guru-guru serta menyusun kerangka pendidikan di Dharmasraya supaya mengikuti perkembangan teknologi.  Dalam mewujudkan kerjasama itu, Bupati Dharmasraya dan Rektor UNP melakukan penandatanganan nota kesepahaman pada, Sabtu (14/9/2019), saat upacara wisuda ke-116 UNP.

Menurut Bupati Dharmasraya, Sutan Riska, arah dan pola peningkatan mutu pendidikan sudah saatnya didekatkan dengan paradigma revolusi industri generasi keempat atau 4.0. Apalagi pesatnya kemajuan teknologi informasi telah mengubah pola kehidupan masyarakat. Masyarakat bisa mendapatkan apapun hanya dengan menyentuh layar telepon pintar. Mulai dari berbelanja, hingga membayar tagihan listrik.

“Itulah sebabnya, Kabupaten Dharmasraya perlu melaksanakan penyesuaian kerangka pengembangan dunia pendidikan dengan revolusi industri 4.0. Harapannya, warga Dharmasraya bisa memanfaatkan potensi teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan hidup, pekerjaan dan bisnis mereka. Jangan sampai rakyat Dharmasraya tidak ikut ambil bagian dalam revolusi ini,” ucapnya.

Menurut Sutan Riska, UNP yang memiliki banyak pakar dan konsen dalam menyikapi revolusi industri 4.0, bisa membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan kerangka pengembangan sumber daya manusia.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNP Prof. Ganefri menyebutkan, UNP segera terlibat dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Dharmasraya. Sebagai perguruan tinggi pendidikan, UNP akan menyusun rancang bangun pola pendidikan di Dharmasraya.

”Perlu dilakukan perubahan untuk mengikuti perkembangan. Jika tidak dilakukan, maka pendidikan di daerah tertinggal, dan SDM yang dihasilkan tidak layak bersaing,” terangnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00