• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dongkrak IPM Pasaman, UNP Sediakan Kuota 20 Jalur Undangan

15 September
17:43 2019
1 Votes (5)

KBRN, Padang; Universitas Negeri Padang (UNP) akan memberikan kuota sebanyak 20 orang bagi siswa-siswi berprestasi di Kabupaten Pasaman yang kesulitan melanjutkan pendidikan tinggi karena masalah biaya.

"Tahun 2020 mendatang kami sediakan jalur undangan untuk 20 orang siswa SMA/SMK di Pasaman, khususnya bagi mereka yang berpretasi namun kurang beruntung dari segi ekonomi," ungkap Rektor UNP, Prof. Ganefri usai menandatangani nota kesepahaman dengan Bupati Pasaman, dalam kegiatan wisuda UNP di Auditorium setempat, Minggu (15/9/2019).

Ganefri mengungkapkan, pelajar berprestasi di Pasaman yang masuk jalur undangan nantinya, dipastikan mendapat bea siswa bidik misi. Semua itu dilakukan untuk mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Pasaman yang tergolong di bawah dibanding daerah lain di Sumatera Barat.

"Pasaman termasuk kategori bawah. IPM nya dulu 7,3, naik saat ini 7,8. Sebenarnya angka IPM itu bisa ditingkatkan melalui terobosan-terobosan," bebernya.

Menurut Ganefri, Pemerintah Kabupaten Pasaman harus fokus pada sektor mendasar agar daerahnya bisa maju, yakni pembangunan sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Hal itu bisa terlaksana jika didukung sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni pula.

"Dalam hal SDM, UNP akan membantu mendidik SDM di Pasaman," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, menindaklanjuti nota kesepahaman dengan UNP, Pemkab Pasaman akan segera bergerilya mencari bibit-bibit cerdas untuk dikuliahkan di UNP.

"UNP sudah berkomitmen memberikan kuota jalur undangan 20 orang. Kami di Pasaman akan lakukan pencarian siswa berprestasi namun kurang mampu, untuk diberi kesempatan mengenyam pendidikan tinggi. Kami akan keliling menuju 12 kecamatan untuk menyeleksinya" ucapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00