• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Pendidkan Jasmani untuk Memberantas Penyakit Malas Gerak di Era Revolusi Industri 4.0

27 August
16:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang: Konferensi internasional tentang pendidikan jasmani akan digelar di Universitas Negeri Padang (UNP) pada 29 Agustus mendatang. Konferensi yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP ini, mengangkat tema memberdayakan peran pendidikan jasmani di era revolusi industri 4.0.

Menurut Ketua Penyelenggara Konferensi, Prof.Dr. Syafruddin, M. Pd, di era kecanggihan teknologi, malas bergerak menjadi salah satu hal yang mudah dijumpai. Ketika perkerjaan manusia dimudahkan oleh teknologi, manusia cenderung abai terhadap aktivitas bergerak. Padahal bergerak merupakan kunci untuk selalu sehat dan bugar. 

Yang lebih memprihatinkan, jelas Prof.Dr. Syafruddin, kurikulum pendidikan di negeri ini mulai terbalik. Seharusnya, semakin tinggi jenjang pendidikan, maka jam untuk beraktifitas fisik ditambah. Namun kenyataannya, malah justru berkurang.

“Kita di SD diberikan waktu pendidikan fisik 4 jam pelajaran, kemudian di SMP turun jadi 3 jam, SMA jadi 2 jam, bahkan pada SMK kelas 3 tercatat 0 jam. Ini yang aneh dan perlu diperbaiki,” ungkapnya pada awak media, di Padang, Selasa (27/8/2019).

Prof. Dr. Syafruddin, melalui konferensi ini diharapkan ada gagasan tentang waktu ideal untuk pendidikan jasmani di sekolah.

Sementara itu, berdasar rencana, pembicara kunci dalam kegiatan ini di antaranya, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian Prof. Zainal Abidin dari Universiti Teknologi Malaysia, dan Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar dari UNP.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00