• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Guru SD Ditantang Mengajar dalam Pekan Bahasa dan Sastra

27 August
11:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang: Suara lembut dengan gerak tangan yang ramah diperagakan puluhan guru sekolah dasar dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar), di Auditorium RRI Padang, pada kegiatan lomba mengajar dalam rangkaian Pekan Bahasa dan Sastra yang digelar Balai Bahasa Sumbar, Selasa (27/8/2019). Secara bergiliran mereka tampil layaknya mengajar di sekolah. Adapula 5 orang yang berperan sebagai murid.

Dalam simulasi mengajar ini, para guru yang berkompetisi, menggunakan alat-alat pendukung yang beragam. Misalnya, alat bantu hitung, hingga komputer untuk memutar bahan ajar kepada murid.

Hendra, guru SDIT Dareliman, Kota Padang mengakui, ikut serta dalam lomba mengajar karena termotivasi untuk menambah kemampuan dengan melihat cara guru-guru lain mengajar. Selain itu, untuk menempa diri agar tidak gagap tampil di depan forum.

“Puluhan guru ikut lomba ini, jadi saya bisa menambah pengetahuan dengan melihat mereka. Kalau saya tidak ada target untuk juara, soalnya persiapan memang kurang matang. Bagi saya ikut saja sudah senang, bisa mengukur diri,” ucapnya.

Sementara itu, koordinator pekan bahasa dan sastra, Mulyadi menjelaskan, penilaian lomba ini yaitu, cara memberi semangat pada murid, memberikan materi, hingga menggunakan alat peraga pendukung.

“Bagi pemenang tentu kami sediakan uang pembinaan,” ucapnya.

Mulyadi menambahkan, lomba mengajar berbahasa Indonesia merupakan rangkaian dari lomba yang digelar selama Pekan Bahasa dan Sastra. Masih ada lomba-lomba yang lain, sampai 31 Agustus mendatang. Misalnya lomba debat berbahasa Indonesia bagi mahasiswa, lomba muskalisasi puisi untuk SMA, dan pidato berbahasa Indonesia untuk SMP.

“Tujuan utama kita untuk mendorong generasi penerus supaya mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia, dan memelihara bahasa dan sastra daerah,” tuturnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00