• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Lomba Dendang Ramaikan Pekan Bahasa dan Sastra Sumbar

26 August
10:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang: Beragam alat musik Minangkabau menggema merdu di Auditorium RRI Padang, diiringi lantunan dendang biduan menuturkan bahasa Minangkabau sembari memukul rebana. Secara bergiliran puluhan kelompok dendang, seni tradisional Minangkabau, unjuk kebolehan dalam lomba Pekan Sastra dan Bahasa yang digelar Balai Bahasa Sumatera Barat, Senin (26/8/2019).

Zamri Malin Bungsu, ketua dendang pauah sajati asal Kecamatan Pauh Kota Padang mengatakan, lomba yang digelar ibarat obor penyemangat bagi kelompok seni tradisi. Ternyata masih ada pihak yang peduli untuk melestarikan adat dan tradisi, sehingga bisa diwarisi generasi penerus.

Menurut Zamri, festival ataupun lomba kesenian dendang, patut diadakan setiap tahun sebagai rutinitas untuk terus menghidupkan seni tradisi.

Kalau bisa kegiatan ini jadi tahunan. Ada terus, sehingga anak cucu kita tahu dan bisa mewarisi seni-seni daerah, pintanya.

Sementara itu, koordinator pekan bahasa dan sastra, Mulyadi menjelaskan, lomba dendang merupakan bagian dari rangkaian lomba yang digelar selama pekan bahasa dan sastra. Tak hanya lomba dendang, namun juga lomba mengajar Bahasa Indonesia, lomba berpidato Bahasa Indonesia. Tujuan kegiatan ini untuk mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia, dan memelihara bahasa dan sastra daerah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00