• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pembentukan Karakrer Anak di Masa Keemasan

22 August
20:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang :Pengaruh lingkungan memegang peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Adaptasi dengan lingkungan mutlak dibutuhkan  untuk  mendorong perkembangan dalam diri anak, termasuk cara-ca berinteraksi dengan orang lain, sebagaimana diungkapkan Tenaga Pendidik Paud Arafah Mina, Nova saat berlangsungnya kegiatan manasik haji PAUD dan TK se-Kota Padang di RTH. Imam Bonjol Padang, Kamis, (22/8/2019).

Banyak pembelajaran yang bisa diambil  dari interaksi secara alamiah tersebut seperti halnya pengenalanjiwa dan semangat gotong-royong, tutur sapa dan sikap tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari.

"Melalui kegiatan-kegiatan positif yang bertujuan membentuk karakter diri anak diharapkan dapat mencetak generasi yang berkualitas dan memiliki kepekaan terhadap lingkungan," ungkapnya kepada RRI.

Manasik Haji yang merupakan agenda rutin tahunan dunia pendidikan sekelas PAUD dan TK  adalah wahana strategis membentuk karakter dan kepribadian anak. Masa kanak-kanak adalah tahapan  penting dalam proses tumbuh kembang anak sehingga kearifan dan sikap peduli lingkungan termasuk orang tua  dan keluarga menentukan tahapan perkembangan berikutnya. Orang tua jelas Nova harus menyadari, pentingnya peran keluarga dalam mencetak generasi berkualitas karena sejatinya  periode usia 0-6 tahun merupakan masa keemasan yang menentukan masa depan anak kelak. Anak usia diri cenderung berupaya meniru apa yang terjadi di lingkungannya. Dengan demikian, nilai-nilai ketauladanan dari lingkungan sangat mendukung pembentukan karakter anak.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00