• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Lulusan Perguruan Tinggi dengan Konsep Perencanaan Matang

22 August
19:48 2019
0 Votes (0)

KBRN. Padang : Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof. Dr. Herri MBA  menyambut baik kerjasama dengan  Kadin Sumatera  Barat dalam hal menciptakan lulusan perguruan tinggi  yang mapan dan professional dalam dunia kerja.  Perguruan tinggi pada  prinsipnya memproduksi sumber daya manusia yang nantinya akan dibidik oleh industri-industri di sekitarnya.
Namun dalam kenyataaannya sering terjadi kesenjangan dikarenakan masing-masing pihak sibuk dengan dunianya masing-masing sehingga tidak ada perencanaan yang matang yang mempertemukan kserasian teori dengan praktik di lapangan.

"Ilmu pengetahuan  yang diperoleh mahasiswa  di bangku perguruan tinggi tidak sejalan dengan  harapan dan permintaan dunia kerja,'' ungkap Prof. Herri kepada RRI, Kamis, (22/8/2019).

Terkait fenomena tersebut, perlu perencanaan yang matang dari kedua belah pihak sehingga tercipta harmonisasi yang memberi peluang lulusan perguruan tinggi bisa berkarya, berinovasi di dunia usaha yang digelutinya. 
Hal senada diungkapkan Ketua Kadin Sumatera Barat, Ramal Saleh yang menilai pentingnya penerapan  konsep magang  bagi mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja. Magang ibarat proses pengenalan awal bagi mahasiswa untuk memahami secara mendasar kebutuhan dunia kerja.

"Pada saat terjun ke dunia kerja atau industri di berbagai daerah, mereka yang pernah mengecap proses magang  sudah memiliki bekal  untuk bisa menapaki dunia kerja secara utuh,'' papar Ramal Saleh.

Kadin selaku organisasi yang menaungi berbagai bidang pekerjaan menginginkan lulusan perguruan tinggi yang memiliki kemampuan secara totalitas. Hal itu sejalan dengan tupoksi perguruan tinggi yang dari waktu ke waktu fokus mencetak lulusaan handal dengan keterampilan yang mendukung. Dengan adanya kerjasama antar kedua belah pihak,  dunia kerja memperoleh kesempatan cukup besar mendapatkan lulusan-lulusan yang profesional dalam artian, adanya kesetaraan teori yang diperoleh di bangku pendidikan dengan penerapan praktik di lapangan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00