• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Budayawan Dukung Silek Art Festival 2019

22 August
17:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Kegiatan Silek Art Festival 2019 yang digelar di 5 Kabupaten Kota di Sumatera Barat mendapat dukungan dari para budayawan di Sumatera Barat. Silek Art Festival berlangsung hingga tanggal 31 Agustus 2019. Kelima kabupaten Kota tersebut yakni Kota Padang, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Agam. Silek Art Festival 2019 telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Taman Budaya Sumatera Barat Senin (19/08/2019).

Budayawan Sumatera Barat Musra Darizal yang juga guru Silek mengatakan, Silek Art Festival 2019 merupakan salah satu upaya untuk mensosialisasikan kembali  tentang Silek di Sumatera Barat.

Menurutnya, dengan digelarnya agenda tahunan Silek Art Festival 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia melalui program Platform Indonesiana tersebut, merupakan suatu langkah yang sangat luar biasa.

“dalam SAF di kaji dan dibuatkan, disusun sebuah Ensiklopedia tentang Silek, disana ditulis bagaimana gerak itu berjalan dan petatah petitihnya mulai dari penerimaan murid. Kendatipun isi buku belum mencapai kearah kesempurnaan, namun ensiklopedi tersebut sudah mengarah kesana, ini pekerjaan yang tidak mudah,”ujar Musra Darizal, Kamis (22/08/2019).

Musra Darizal atau yang lebih dikenal dengan Mak Katik menjelaskan, untuk lebih semaraknya kegitan Silek Art Festival, seluruh Kabupaten Kota di Sumatera Barat harus dilibatkan. Menurutnya, masing masing Kabupaten Kota tentu memiliki ciri khas gerak dan Sileknya.

“jangan hanya terfokus di pusat saja, kita harap tahun depan, seluruh kabupaten kota di libatkan, seperti Silek dari Solok Selatan, Painan, Pasaman Barat dan Dharmasraya,”tambah Mak Katik.(AR).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00