• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Selangkah Lagi Empat Prodi UNP Raih Akreditasi Internasional AUN-QA

22 August
13:37 2019
1 Votes (5)

KBRN, Padang: Empat program studi (prodi) di Universitas Negeri Padang (UNP) tak lama lagi memperoleh akreditasi bertaraf internasional dari AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance). Masing-masing Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Manajemen, dan Pendidikan Teknik Elektro. Delapan orang assessor telah berkunjung untuk melakukan validasi data, melihat langsung sarana dan prasarana.

Ketua tim assessor, Thuyen Van Ngo mengatakan, akreditasi dari AUN-QA ini tidak sekadar meningkatkan kualitas UNP di regional ASEAN, melainkan juga mendongkrak reputasi UNP secara internasional.

Thuyen menjelaskan, dari hasil kunjungan, ada beberapa evaluasi yang disampaikan. Nantinya, evaluasi itu disusun secara detail, kemudian disampaikan kembali pada UNP untuk segera diperbaiki. Selanjutnya, dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan, sertifikat akreditasi untuk 4 prodi UNP diterbitkan.

“Setelah kunjungan ini, kami akan menyerahkan laporan penilaian. Hasilnya satu atau dua bulan,” ungkap Thuyen, pada awak media di Padang, Kamis (22/08/2019).

Thuyen menambahkan, sertifikat akreditasi mempunyai masa berlaku 5 tahun. Setelah itu, universitas bersangkutan harus mendaftar kembali untuk mendapat akreditasi dimaksud.

“Semangatnya bukan sekadar memberikan atau mendapat sertifikat akreditasi, tapi lebih untuk peningkatan program studi,” terangnya.

Sementara itu, Rektor UNP, Prof. Ganefri mengatakan, hasil evaluasi dari tim asesor pasti ditindaklanjuti dengan pembenahan secara cepat. Apalagi, evaluasi yang disampaikan tidak terkait substansi.

Ganferi menjelaskan, setelah 4 prodi di UNP menerima sertifikat akreditasi regional Asean AUN-QA, tahun depan kembali diajukan 4 prodi lagi untuk berjuang mendapat akreditasi serupa.

“Jadwal baru akan ada 4 prodi dikunjungi tim asesor pada Desember 2020 mendatang. Prodi Perhotelan, PPKN, Bimbingan Konseling, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Secara bertahap kita ajukan akreditasi, perjuangan ini sudah dilakukan 2 tahun belakangan,” bebernya.

Ganefri menambahkan, menuju internasionalisasi, kemampuan bahasa inggris dosen dan mahasiswa di UNP akan terus ditingkatkan. Apalagi, di tahun mendatang prodi eksak di UNP juga akan diajukan mendapat akreditasi internasional dari Jerman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00