• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Terjadi Peningkatan ISPU di Kota Padang Akibat Kebakaran Hutan

21 August
16:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat terjadi trend peningkatan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di daerah ini, akibat kebakaran hutan yang terjadi pada provinsi tetangga.  Meskipun demikian udara di Kota Padang masih dalam ambang aman, karena belum melewati baku mutu, tetapi sudah mengarah ke tidak baik.

"Udara di Kota Padang masih terbilang baik dan aman," kata Kepala DLH Kota Padang Mairizon saat diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (21/8/2019).

Ia mengungkapkan, berdasarkan data terakhir pada pengambilan uji sampel di Parkiran Balai Kota Padang Air Pacah, tanggal 9 Agustus hasil analisa terhadap data ISPU untuk parameter PM10 yakni 110 ug/nm3. Hasil itu belum melewati baku mutu yang ditetapkan peraturan pemerintah RI Nomor 41 tahun 1999 yakni 150 ug/nm3.

"Akan tetapi sejak bulan lalu hingga sekarang terus terjadi peningkatan ISPU, padahal di awal agustus ISPU hanya 41 ug/nm3," sebutnya. 

Sebagai informasi, PM10 adalah parameter yang menunjukkan komposisi partikulat atau debu dengan ukuran kecil atau sama dengan 10 mikrometer. Debu jenis ini biasa timbul dari proses pembakaran, yang berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat mengendap pada saluran pernapasan bawah.

Terkait dengan kondisi tersebut, Mairizon mengimbau agar masyarakat menggunakan masker ketika berada di luar ruangan. Selain itu mengurangi aktivitas di luar ruangan terutama bagi anak-anak dan lansia, karena rentan terpapar pencemaran. Terpenting mengurangi aktivitas pembakaran baik lahan maupun sampah.

"Petani kami harapkan tidak lagi membakar jerami usai panen, begitu juga membakar sampah," imbaunya. (MO) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00