• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

UMKM Padang Bakal Dilibatkan dalam Kegiatan Pemko

15 August
17:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang terus berupaya melibatkan seluruh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam kegiatan yang diadakan Pemko Padang. Hal tersebut guna mendukung dan memberdayakan keberhasilan UMKM. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang, Syuhandra, mengungkapkan, salah satu contoh keterlibatan UMKM yang sedang diupayakan, yakni dapat mengisi makanan ketika Pemko Padang mengadakan kegiatan atau acara. Sebab acara yang digelar di lingkungan Pemerintah Kota Padang setiap harinya terbilang cukup banyak. 

"Sayangnya belum semua UMKM  dapat dilibatkan. Lantaran ada persyaratan izin atau standar mutu yang harus dimiliki UMKM agar bisa mengisi atau bekerja sama dalam kegiatan Pemko Padang. Minimal mendapatkan izin PIRT dan label halal," tuturnya, saat diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Kamis (15/8/2019).

Lanjutnya, untuk itu Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang mendorong seluruh UMKM agar segera mengurus izin. Minimal setiap UMKM yang bergerak di bidang kuliner dapat mengurus dua izin tersebut, sehingga bisa bekerja sama dengan Pemko Padang.

"Hingga saat ini, ada 541 UMKM yang telah kami fasilitasi untuk mendapatkan izin atau standar mutu. Sebelumnya sampai di tahun 2018  hanya 147 UMKM yang sudah memiliki standar mutu itu, " ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya kerja sama dengan Pemko Padang, diharapkan dapat memacu semangat pelaku UMKM untuk mengurus standar mutu ini.

"Kami kan mempunyai tenaga pendamping di setiap kelurahan, agar UMKM kita terus berkembang. Salah satunya harapan untuk pendamping itu agar dapat mendorong UMKM dapat mengurus standar mutu," sebutnya.

Syuhandra menambahkan, keterlibatan UMKM dalam kegiatan Pemko Padang tidak hanya di bagian kuliner, tetapi bisa lebih luas lagi. (MO) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00