• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Legacy TNI AL untuk Pengembangan Aspek Kemaritiman di Daerah

14 August
13:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Kontribusi yang ditunjukkan  TNI Angkatan Laut membantu  pengembangan potensi kemaritiman di daerah terbilang cukup besar. Pada  daerah tertentu, yakni Kota Padang dan Pariaman, TNI Angkatan Laut telah menunjukkan sumbangsihnya dalam bentuk partisipasi  mendorong percepatan pembangunan di daerah  yakni pembangunan Tugu Merpati Perdamaian, di Muaro Lasak, Pantai Padang dan Monumen Perjuangan TNI Angkatan Laut di Pantai Gandoriah, Pariaman, sebagaimana diungkapkan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan  Laut – Danlantama II, Laskamana Pertama TNI Agus Sulaeman kepada RRI,  Rabu, (14/8/2019).  Tidak bisa dipungkiri,  pembangunan tugu dan monumen  dengan narasi sejarah perjuangan bangsa  yang cukup panjang itu telah menunjukkan capaian yang hasilnya dinikmati langsung masyarakat daerah, khususnya warga sekitar. 

Terkait hal itu, dalam waktu dekat  TNI Angkatan Laut jelas Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman bekerjasama dengan Pemko Pariaman segera  membangun sentra wisata maritim di kawasan objek wisata tersebut. Tidak jauh dari Monumen Perjuangan TNI Angkatan Laut  itu  rencananya dibangun museum dan  sarana berolahraga hingga menjadikan kawasan sekitar sebagai arena wisata yang komplit.

"Wisatawan yang datang ke Pantai Gandoriah nantinya  tidak hanya datang untuk  menikmati keindahan alam sekitar, namun juga mendapatkan  edukasi tentang  budaya,  nilai sejarah yang mesti dipahami masyarakat terutama generasi milenial,'' jelas Danlantamal II, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman. 

Hal lain yang tidak kalah penting menurut Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman adalah kesinambungan aktifitas masyarakat di lokasi-lokasi  wisata yang  ditata dan dibenahi  dengan baik. Aktifitas perekonomian masyarakat di daerah  menggeliat nyata seiring tumbuhkembang  ruang wisata yang ditata sedemikian rupa. Hal demikian berdampak terhadap  peningkatan kualitas  hidup masyarakat. Pengangguran di daerah teratasi karena  peluang masyarakat membuka usaha-usaha berbasis ekonomi kerakyatan termasuk sektor UMKM terbuka lebar. Ke depannya perlu partisipasi aktif berbagai pihak dalam memberdayakan aspek kemaritiman yang memiliki daya jangkau luas terhadap kehidupan masyarakat di kawasan pesisir pantai.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00