• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

JNE Dukung Kemajuan UMKM di Padang

8 August
19:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Perusahaan nasional jasa ekspedisi JNE, berkomitmen penuh mendukung kemajuan usaha pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang.

"JNE selalu berupaya mendorong  kemajuan UMKM melalui berbagai program unggulan, sehingga produk UMKM tersebut dapat menembus pasar nasional bahkan internasional," ucap Deputy GM JNE Hasmeliyani Suseno, saat menggelar kopiwriting bersama media di Suko Kitchen Padang, Kamis (8/08/2019).

Menurutnya, khusus di Sumatera Barat, JNE berinovasi membantu UMKM dengan menerapkan kebijakan satu harga untuk pengiriman paket tujuan di dalam kota/kabupaten yang sama dan antar kabupaten/kota di Sumbar. 

"Harganya sangat terjangkau hanya Rp 11 ribu per kilogram. Selain itu kami juga menyediakan free pick up serta produk layanan lainnya bagi pelaku UMKM," tuturnya. 

Sementara itu, secara nasional JNE menyediakan layanan e-fulfillment logistic yang dapat mempermudah proses bisnis UMKM atau industri kreatif dan fasilitas digital payment untuk memudahkan transaksi pengiriman paket. 

"JNE akan terus berinovasi untuk membantu pelaku UMKM dalam pengembangan bisnis, sekaligus menjawab kebutuhan era digital saat ini," imbuhnya. 

Pada kesempatan yang sama, Branch Manager JNE Padang Yusran mengungkapkan, Kota Padang salah satu daerah yang memiliki pertumbuhan UMKM yang tinggi. Tercatat berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang ada 10.211 UMKM di daerah ini pada tahun 2018. Dengan pertumbuhan omzet mencapai Rp300 juta per tahun.

"Pertumbuhan UMKM yang tinggi juga berpengaruh pada perkembangan logistik di Padang, hampir 40 persen dari seluruh pengiriman JNE Padang bersumber dari pelaku UMKM," sebutnya. 

Yusran menyampaikan, jenis barang hasil UMKM yang paling banyak dikirim dari Kota Padang ke luar Sumatera Barat adalah olahan kuliner seperti rendang, dan dendeng.

Ditambahkan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, mengatakan Pemko Padang sangat mengapresiasi langkah JNE dalam mendukung kemajuan UMKM di Kota Padang. Apalagi dengan menerapkan inovasi satu harga tersebut. 

"Pemko Padang dan JNE sejalan dalam hal memajukan usaha UMKM," katanya. 

Pemko Padang sebut Hendri, terus berupaya memperkuat serta memajukan bisnis UMKM, melihat  potensinya cukup tinggi. 

"Di Padang ini banyak sekali UMKM yang membutuhkan dukungan, kita harap JNE selalu mendukung penuh usaha mereka agar lebih berkembang dan sukses," ucapnya. 

Kegiatan kopiwriting yang menggandeng Kompasiana ini sudah dua kali digelar, sebelumnya kegiatan serupa juga digelar di Kota Bandung, dan akan berlanjut ke Banjarmansin, Yogyakarta, dan Cirebon. (MO) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00