• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Sumbar Siap Gelar Silek Art Festival 2019

8 August
18:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Silek Art Festival 2019 akan di gelar di Sumatera Barat pada tanggal 19 hingga 30 Agustus mendatang, dan saat ini persiapannya sudah mencapai 85 persen. Berbagai persiapan sudah dilakukan, mulai dari penetapan untuk acara pembukaan hingga penutupan nantinya. Kendatipun demikian tentu banyak juga kendala kendala  yang harus di koordinasikan dengan melibatkan instansi terkait.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kesenian dan Diplomasi Budaya Dinas Kebudayaan Sumatera Barat Ilfitra usai memimpin rapat persiapan Agenda Tahunan  Silek Art Festival 2019 di ruang pertemuan Dinas Kebudayaan Sumatera Barat pagi tadi.

Ilfitra menjelaskan, Sumatera Barat ditunjuk untuk kedua kalinya oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melaksanakan kegiatan Silek Art Festival 2019 tersebut. Program Silek Art Festival 2019 Platform Indonesiana Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dimaksudkan  untuk mewujudkan gotong royong, ekosistem, sinergi dan tata kelola festival Kebudayaan dalam bingkai Plaform Indonesiana.

“ pelaksanaan Silek Art Festival, itu kita  melibatkan seluruh ekosisten kebudayaan, artinya apa pelaksanaan Silek Art Festival itu milik masyarakat, swasta dan pemerintah. Terutama komunitas-komunitas atau sasaran sasaran silek yang ada di setiap Nagari Nagari,”ujar Ilfitra, Kamis (08/08/2019).

Silek Art Festival 2019 juga melibatkan peserta dari Luar Negeri sebagai pembicara dalam kegiatan seminar Internasional tentang Silek diantaranya Inggris, Amerika dan Mesir.

Silek Art Festival 2019 tidak saja di gelar di Kota Padang , namun juga melibatkan 4 Kabupaten Kota di Sumatera Barat yakni Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Agam dan Kota Payakumbuh.

Kegiatan yang dilakukan selama Silek Art Festival berlangsung diantaranya, Pameran Seni Visual dan Pegelaran Seni Intermedia, Penerbitan Ensiklopedia Silek dan Pameran Arsip dan Dokumentasi Silek. Selain itu prosesi arakan dan Silek, Pertunjukan Tuo Tuo Silek, Pemutaran Film Silek dan pertunjukan kesenian Anak nagari.

“banyak lagi kegiatan yang dilakukan seperti, parade Silek Pelajar, Dialog Sinergitas Budaya Silek, Penghargaan Tuo Tuo Silek dan prosesi adat ma arahk jamba,”tambah Ilfitra.(AR).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00