• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Satgas Rabies, Tekan Kasus Rabies di Sumatera Barat

25 July
16:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang :Belum optimalnya penanganan terhadap pasien rabies menuntut pemerintah dan instansi lain di Sumatera  Barat peka dalam merespon wabah yang disebabkan gigitan hewan penular rabies tersebut. Di Sumatera Barat sendiri, kasus gigitan hewan penular rabies banyak ditemui di Kabupaten Tanah DatarKebanyakan masyarakat yang memelihara heawan piaraan seperti anjing dan babi semata untuk kepentingan berburu, namun  sedikit yang mengetahui cara mewaspadai virus yang menyebar melalui air ludah hewan penular rabies, sebagaimana diungkapkan Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo kepada RRI.

"Untuk membekali masyarakat  tentang bahaya rabies, perlu sosialisasi kepada masyarakat dengan melibatkan segenap komponen, salah satunya satgas rabies  yang merupakan  bentuk inovasi Korem 032 Wirabraja  dalam menekan kasus  rabies di Sumatera Barat,'' paparnya Kamis, (25/7/2019).

Satgas rabies nantinya ditempatkan di berbagai daerah dan memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat  mengenai efek  mematikan yang disebabkan gigitan hewan penular rabies tersebut.

Perda Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pengendalian Rabies  yang dilakukan dengan cara membunuh hewan penular rabies  dinilai sudah tidak relevan lagi karena  berseberangan dengan  hak  hewan. Dengan adanya satgas rabies tersebut, penularan virus mematikan itu dapat ditekan terutama daerah-daerah yang kesadaran masyarakatnya masih terbilang rendah. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00