• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Kenalkan Kesenian Sejak Usia Dini

14 July
19:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Selain kaya dengan keindahan alam dan makanannya, Sumatera Barat juga sangat terkenal dengan seni budayanya. Untuk melestarikan seni budaya tersebut agar tidak hilang, para seniman sudah saatnya memberikan ilmunya kepada anak anak sejak usia dini.

Berkesenian tidak memandang tempat dan usia. Berkesenian dapat dilakukan dimana saja, mula dari usia kanak kanak hingga orang dewasa Hal tersebut diakui Fatmawati. Salah seorang instruktur sanggar tari Alang Babega Kota Padang.

Menurutnya, saat ini banyak sekali anak – anak dan remaja yang ingin mempelajari kesenian, baik itu tari, drama, seni rupa, vocal dan lain sebagainya. Fatmawati yang sering disapa Tuti menjelaskan, dalam memberikan pembelajaran pada anak didiknya, materinya dipadukan dengan yang tradisional dengan modern.

“kita mengajarkan pada anak anak sebagai jati dirinya, bagaiman mencintai seni budaya mereka sendiri khususnya kesenian tradisi Minangkabau, kita tidak hanya dance atau budaya luar saja, tapi kita lebih mengutamakan gerakan gerakan tradisional Minangkabau,”ujar Tuti.Minggu (14/07/2019).

Tuti menambahkan, selain praktek tentang tari, anak didik juga diberikan materi teori terkait dengan seni budaya di Minangkabau.

“ilmu kita berikan campur, ada yang tradisi, konterporer dan modern, namun tidak  mengurangi seni budaya yang kita miliki,”harapannya.

Menurutnya, anak di usia dini ini sangat perlu sekali mendapatkan ilmu tentang seni budaya di Ranah Minang ini, selain sebagai tambahan wawasanya juga sebagai tambahan ilmu dalam pelajaran di sekolah.

Dalam proses pemberian materi praktek tari, sanggar Alang Babega, anak didi di bagi dalam dua kelompok yakni kelompok A yakni pemula dan B  yakni madya.

“latihan kita lakukan 3 kali seminggu, yakni hari kamis, Sabtu dan Minggu,”tutur Tuti.(AR)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00