• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

14 Kabupaten Kota Ikuti Festival Randai Se Sumatera Barat

12 July
15:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : 14 Kabupaten Kota di pastikan tampil untuk mengikuti Festival Randai se Sumatera Barat 2019// Festival yang dilaksanakan oleh UPTD Taman Budaya Sumatera Barat berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Juli 2019 di plataran parker depan  Mal Pelayanan Publik di Pasar Raya Padang. Masing masing group akan tampil pukul 09.00 hingga 22.00 wib.

Kabupaten Kota tersebut yakni Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Limapuluh Kota tampil pada tanggal 12 Juli 2019.

Kemudian Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, Kota Sawahlunto, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok dan Kabupaten Agam tampil tanggal 13 Juli 2019. Sedangkan peserta tampil tanggal 14 Juli 2019 yakni Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung dan Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat Gemala Ranti usai membuka festival Randai, Jum'at (12/07/2019) mengatakan, festival ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kuatnya pengaruh budaya luar, agar seni tradisi khususnya seni permaian Randai di Sumatera Barat tidak akan punah.

“ mulai khawatir saya, kalau tidak di ungkit dari sekarang semua seni tradisi kita, sedikit sedikit punah, maka dikejar melalui Dinas Kebudayaan. Kita berharap semua komunitas bergerak dengan keseniannya baik itu tradisi dan modern,”ujar Gemala Ranti.

Sementara itu Kepala UPTD Taman Budaya Sumatera Barat Muasri mengatakan, festival Randai tersebut merupakan kelanjutan dari program Dinas Kebudayaan melalui Taman Budaya yakni Workshop Randai yang telah digelar beberapa bulan lalu.

“kita tahu bahwa group Randai ini berkembang dimana-mana, tapi perkembangan belum sejalan dengan kwalitas yang mereka miliki, untuk itu diawali dengan workshop randai dan sebagai uji coba dari hasil workshop tersebut kita gelar festival randai,”tutur Muasri.

Muasri menjelaskan, kesenian tersebut memang harus dipertemukan dengan masyarakat, agar masyarakat tahu semua seni budaya tradisional yang ada di Minangkabau.

“jarang jarang kesenian Randai ini kita tampil di tempat ramai, itu tujuan kita agar kesenian tersebut di tonton langsung oleh masyarakat, Kita menggandeng Dinas Perdagangan Kota Padang untuk menfasilitasinya,”tambah Muasri.(AR).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00