• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Bangga, Tambang Batubara Ombilin Jadi Warisan Dunia

6 July
19:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO. Penetapan ini diumumkan pada gelaran sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia, yang digelar di Kota Baku, Azerbaijan, (6-7-2019) pukul 12.20 waktu setempat.

Dari total 36 situs yang dinominasikan untuk masuk ke dalam Daftar Warisan Dunia, pertambangan batubara era kolonial Belanda itu berhasil dimandatkan oleh Konvensi tentang Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia (Convention concerning the Protection of World Cultural and Natural Heritage), atau yang secara singkat disebut sebagai Konvensi Warisan Dunia 1972.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengungkapkan, penetapan tersebut merupakan hal yang luar biasa bagi perkembangan Kota Sawahlunto, dan Sumatera Barat. Hasil itu merupakan kerja luar biasa dari semua pihak, baik itu masyarakat, pemerintah Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat, kementerian, dan Pemerintah RI.

"Tentu patut kita berbangga, Sawahlunto Coal Mining Heritage masuk jadi salah satu warisan dunia. Ini adalah penghargaan yang sangat luar biasa. Dimana tambang batubara Sawahlunto, merupakan tambang batubara yang secara masif dan besar besaran pertama se Asia Tenggara," ungkap Deri Asta, dalam sebuah video yang diterima RRI Padang.

Untuk itu, Deri mengatakan, warisan tersebut wajib untuk dijaga dan dilestarikan. Sebab, penetapan tersebut tentu dapat menjadi jualan pariwisata untuk Indonesia khususnya Kota Sawahlunto. "Jaga segala insfratruktur yang lengkap sejak di zamannya. Ini layak kita jual.

Ayo datang ke Sawahlunto, nikmati kota tua, Ombilin Coal Mining Heritage," ungkapnya. (Sep)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00