• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

DLH Kota Padang : Kawasan Bebas Asap Rokok Sangat Dibutuhkan

16 June
11:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Aktivitas buruk perokok ternyata tidak hanya merugikan diri sendiri dan orang lain, namun juga lingkungan dan sumbar daya alam. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, terus mengkampanyekan bahaya rokok terhadap lingkungan itu, sehingga Kota Padang menjadi kota yang sehat dari paparan rokok.

Kepada RRI, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon mengatakan, pemerintah melalui berbagai program terus berupaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari dampak buruk rokok. Salah satunya dengan terus berupaya memaksimalkan perda kawasan bebas asap rokok.

“Sejak dikeluarkan tahun 2012 lalu, perda dimaksud memang belum berjalan dengan maksimal. Revisi yang dilakukan pada tahun 2013 juga belum disahkan oleh DPRD Kota Padang. Sebab, memang perlu banyak pertimbangan dan sinkronisasi,” ungkapnya.

Menurutnya, secara global perokok memang nyata sangat merugikan lingkungan. Mulai dari produksi, pengepakan, hingga pemusnahan limbah yang membutuhkan biaya lingkungan yang sangat besar.

“Kami mengistilahkan jejak lingkungan. Jadi dampak yang diakibatkan oleh kegiatan yang terjadi di masyarakat yang berdampak terhadap lingkungan. Jadi kawasan bebas asap rokok itu memang sangat diperlukan di daerah Kota Padang,” ujarnya.

Mairizon menjelaskan, bahaya rokok terhadap lingkungan diantaranya mengurangi fungsi hutan sebagai paru-paru dinia yang disebabkan alih fungsi kepada lahan tembakau. Selain itu, terjadinya perubahan iklim yang disebabkan energi panas dari produksi rokok, serta limbah rokok seperti puntung yang tentu juga sangat merusak lingkungan. (SEP)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00