• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tim Gabungan Mulai Bersihkan Sisa Material Longsor Dan Banjir

12 June
15:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang Pariaman : Hari ini Tim Gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah-BPBD, TNI, Polri dan dibantu dari para relawan kebencanaan , mulai melakukan pembersihan terhadap material dari longsor dan banjir bandang yang terjadi sore kemarin pada dua nagari di kabupaten Padang Pariaman.

Banjir bandang terjadi pada pukul 18.00 wib di Korong Pasa Baru Kampung Jua Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau dan tanah longsor terjadi pukul 16.00 wib di nagari Baru Gadang Kecamatan Sungai Geringgiang Padang Pariaman.

“kita juga sudah memberihkan kayu-kayu besar yang menghalangi bendungan di sungai geringging tersebut dan juga disaksikan langsung oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni,”ujar Sekretaris BPBD Padang Pariaman Yasrum Azis. Rabu (12/06/2019).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah-BPBD Padang Pariaman Yasrum Azis kepada RRI mengatakan, selain melakukan pembersihan, tim gabungan juga melakukan pendataaan terhadap korban dan jumlah kerugian dari musibah tersebut.

Yasrum Azis menjelaskan, musibah banjir bandang di Kecamatan Sungai Limau Padang Pariaman melanda 4 nagari, yakni Nagari Pilubang, Nagari Kuranji Hilir, Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir dan Nagari Guguak Kuranji Hilir.

“memang banyak kerugian seperti lahan pertanian, ternak dan kolam ikan warga, jembatan, irigasi, namun kita masih dalam pendataan, terkait kerugian belum dapat dipastikan,”tambah Yasrum Azis.

Sementara itu terkait dengan bantuan logistik untuk korban bencana, pihak Dinas Sosial Padang Pariaman, BPBD dan Baznas telah menyalurkannya sejak tadi malam hingga hari ini.

“tim sudah menyalurkannya berupa makanan, terpal, pakaian dan obat obatan serta kebutuhan lainnya kepada korban bencana,”tutur Yasrum.

Sekretaris BPBD Padang Pariaman Yasrum Azis, menambahkan, dari pantauannya dilapangan, tidak ada korban bencana yang tinggal di tenda-tenda pengungsian. Selain itu belum adanya laporan dari pihak puskesmas adanya keluhan yang dirasakan oleh warga yang terkena dampak musibah tersebut.

Untuk itu Sekretaris BPBD Padang Pariaman menghibau agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk dapat meningkatkan kewaspadaan, mengingat kondisi cuaca di wilayah Sumatera Barat masih tergolong esktrim.

“kita himbau warga yang tinggal di lereng perbukitan dan di sepanjang daerah aliran sungai, untuk tetap waspada dan ketika cuaca tidak bersahabat segeralah ke tempat yang lebih aman,”harap Yasrum.(AR).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Seleksi XL Future Leaders "Diserbu" Mahasiswa

00:00:00 / 00:00:00