• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Puskesmas Seberang Padang Luncurkan Poli Sehat

18 May
15:06 2019
0 Votes (0)

KBRN,Padang; Puskesmas Seberang Padang, Kota Padang membuat inovasi dengan meluncurkan Poli Sehat, pada Rabu 15 Mei 2019 lalu. Hal tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan capaian kesehatan di wilayah kerja, sekaligus menjangkau usia produktif yang selama ini belum tersentuh layanan kesehatan.

Kepala Puskesmas Seberang Padang, dokter Desy Susanty menjelaskan, dari 12 ribu masyarakat usia produktif yang menjadi sasaran capaian kesehatan, namun hanya 20 persen saja yang berhasil tercapai. Padahal pihak puskesmas sudah mencari kelapangan, seperti ke kantor, sekolah, dan tempat lainnya yang memiliki usia produktif dari 15-59 tahun.

"Kami tidak bisa mencapai target sasaran kesehatan, padahal sudah melakukan berbagai upaya, maka dibentuklah Poli Sehat ini," ucapnya kepada RRI, Sabtu (18/5/2019) di Padang.

Poli Sehat, sebut dokter Desy, dapat dimanfatkan bagi orang yang mengantar atau pendamping pasien saat melakukan kunjungan ke puskesmas.Pelayanan kesehatan tidak hanya untuk penyakit tidak menular (PTM), tetapi juga menjaring pasien penyakit menular.  Diharapkan penyakit yang ditemukan, bisa ditindaklanjuti pengobatannya.

"Misalnya ada bapak atau ibu yang mendampingi anaknya berobat. Petugas kesehatan akan bertanya, dan menyarankan pendamping untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Poli Sehat. Daripada hanya duduk-duduk menunggu," jelasnya.

Dokter Desy  menambahkan, sebanyak 40 tenaga kesehatan dilatih untuk ditempatkan di Poli Sehat secara bergilir. Poli Sehat buka setiap Senin hingga Kamis pukul 08.00 hingga 15.30 WIB, Jumat pukul 08.00 sampai 11.00 WIB, dan Sabtu pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB.

"Dengan memberikan pemeriksaan kesehatan diharapkan dapat menjangkau sasaran yang selama ini belum tersentuh layanan kesehatan,"katanya.

Meski baru   berjalan tiga hari, mulai tampak kenaikan kunjungan di Poli Sehat. Pertama dibuka hanya 5 orang yang berkunjung, sekarang sudah belasan orang. Ditargetkan kunjungan di Poli Sehat bisa berbanding lurus dengan pengunjung Puskesmas yang mencapai seratusan setiap hari. (Melati Oktawina)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00