• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Ini Tips Tetap Bugar Selama Ramadan

7 May
11:40 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang; Selama berpuasa tubuh kehilangan banyak cairan, akibat menahan makan dan minum lebih kurang 14 jam. Untuk itu, perlu diperhatikan beberapa hal dalam menjaga kesehatan selama bulan Ramadan agar tetap bugar, sehingga puasa lancar.

Kepala Puskesmas Alai, Kota Padang dokter gigi Yenni memberikan tips untuk tetap bugar selama Ramadan, yakni berbuka puasa dengan air putih dan makanan manis yang berasal dari buah-buahan seperti kurma. Setidaknya air putih yang dikonsumsi 8 hingga 10 gelas setiap hari.

“Setiap kali berbuka puasa dan sahur, hidangan minimal harus ada 4 kelompok makanan yaitu, makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah,” katanya kepada RRI, Selasa (7/5/2019).

Selanjutnya dokter gigi Yenni menganjurkan untuk menghindari makanan terlalu asin, dan tinggi lemak setiap hari, serta tidak  merokok saat berbuka puasa dan sahur, dan minuman berakohol.

“Selain itu dianjurkan melakukan aktivitas fisik seperti memperbanyak salat sunat  Duha. Tak kalah penting  mengatasi stres dengan memperdalam agama dan memperbanyak ibadah,” ucapnya.

Dokter Yenni menambahkan, mengontrol tekanan darah secara rutin bagi peyandang hipertensi dan mengontrol gula darah secara teratur bagi penyandang Diabetes. Kemudian mendiskusikan dengan dokter atau petugas kesehatan bagi yang mengkonsumsi obat-obatan agar puasa tetap lancar.

“Penting untuk memperhatikan yang dikonsumsi saat berbuka, agar puasa yang dijalani selama satu bulan bisa berjalan lancar,” ucapnya. (Melati Oktawina)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00