• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak 2017

46 TPS di Padang PSU, Partisipasi Pemilih Anjlok

27 April
14:31 2019
1 Votes (5)

KBRN, Padang : Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 46 TPS di Kota Padang dilaksanakan. Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit meninjau pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua TPS Kota Padang, Sabtu (27/4/2019). Dari hasil kunjungan tersebut, jumlah partisipasi pemilih menurun drastis dibanding pada pemilu serentak Rabu 17 April 2019. Pada Pemilu lalu rata-rata partisipasi di angka 80 persen, sedang pada PSU hanya 60 persen.

Pada TPS 01 Kelurahan Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan. Tepatnya di SMP negeri 11 Padang tercacat 292 DPT. Terdiri atas 144 laki-laki, dan 148 perempuan. Hingga pukul 12.00 WIB hanya 160 orang yang menyalurkan hak pilih. 

"Di TPS ini hanya 60 persen pemilih yang menyalurkan hak pilihnya," ucap Nasrul Abit.

Kemudian Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melanjutkan peninjauan ke TPS 29 Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo. Terdapat 275 DPT, diantaranya 142 laki-laki, dan perempuan 133 orang. Hingga pukul 12.30 WIB, hanya 137 orang yang ikut berpartisipasi memilih. 

"Pada TPS kedua ini partisipasi pemilihnya bahkan lebih rendah hanya 50 persen. Padahal waktu untuk menyalurkan hak pilih hanya tinggal setengah jam lagi," sebut wagub. 

Menurut Wagub, PSU yang diadakan di Kota Padang berjalan lancar, dan aman. Hanya partisipasi pemilih saja yang berkurang. Nasrul berharap agar masyarakat kembali menjalin silahturahmi yang sempat terputus akibat berbeda pilihan selama pemilu. 

"Pemilu sudah selesai, mari kita kembali merajut silahturahmi. Jangan ada lagi perselisihan," ujarnya. 

Sementara itu, KPPS TPS 01 Kelurahan Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan, Yoserizal mengatakan, jumlah partisipasi pemilih sangat menurun drastis. Saat pemilu serentak kemarin, partisipasi pemilih mencapai 90 persen, tetapi sekarang hanya di angka 60 persen. Padahal para petugas KPPS sudah membuka lebih awal TPS, yakni pukul 07.00 WIB pemilih sudah dapat menyalurkan hak pilih. 

Menurut Yoserizal menurunnya partisipasi pemilih juga disebabkan oleh cuaca yang tidak mendukung. Sejak pagi, Kota Padang dilanda hujan disertai angin kencang. Selain itu juga dikarenakan, sebagian pemilih tidak lagi di rumah, karena pulang kampung untuk silahturahmi jelang Ramadan. 

"Pemilih pun banyak yang bekerja, karena sekarang bukan hari libur nasional," jelasnya. 

Tambah Yoserizal, TPS 01 Kelurahan Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan melakukan PSU, disebabkan adanya pemilih khusus yang menggunakan KTP di luar Kota Padang.  Mereka menggunakan KTP Pekanbaru. 

"Kami meyakini mereka tersebut adalah warga kami. Mereka tinggal mengontrak disini, tetapi KTPnya belum diganti," ucapnya. (Mel/ddk)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00