• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Jamban Sehat untuk Warga Kurang Mampu

23 April
13:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang :Guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kurang mampu, Kodim 0308/Pariaman bekerjasama dengan pemerintah daerah menargetkan pembangunan jamban sehat dalam hitungan per semester. Khusus untuk wilayah Kodim 0308/Pariaman, per semesternya ditargetkan sebanyak 58 unit jamban dengan dengan  harapan,  hal itu nantinya dapat memotivasi warga menerapkan pola hidup sehat, tertuma warga yang berdomisili di sekitar kawasan pantai. 

Kepada RRI, Dandim 0308/Pariaman, Letkol Arm. Heri Pujiyanto, Selasa, (23/4/2019)  menuturkan,  gerakan pembangunan sejuta jamban yang merupakan program nasional dari  komando atas lebih diprioritaskan untuk masyarakat kurang mampu dengan ketentuan,  yang bersangkutan memiliki lahan yang memadai untuk pembangunan jamban sehat.  

''Pembangunan satu unit jamban sehat  menelan biaya lebih kurang satu juta rupiah,'' ujarnya kepada RRI.

Untuk keperluan pendataan, Kodim 0308/Pariaman bekerjasama dengan pemerintah daerah, mendata warga kurang mampu yang membutuhkan sarana prasarana  penunjang  kesehatan itu. Menurut  Dandim 0308/Pariaman, Letkol Arm. Heri Pujiyanto, di wilayah kerjanya masih banyak ditemui rumah warga tanpa dilingkapi fasilitas jamban yang memadai. Keterbatasan jamban berpengaruh terhadap perilaku dan  kualitas hidup warga setempat yang dalam hal ini belum menyadari sepenuhnya arti penting menjaga kebersihan lingkungan yang dimulai dari pembangunan fasilitas  penunjang kesehatan seperti jamban.  Heri Pujiyanto menegaskan, gerakan sejuta jamban baru  diarahkan  untuk  lingkungan perumahan warga. Secara bertahap akan ada pengembangan program yang pelaksanaannya disesuaikan dengan program dan kebijakan dari pihak komando atas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00