• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Benteng Awal Perlindungan Anak

8 April
16:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang :Ketahanan keluarga merupakan benteng awal pertahanan mental dan kepribadian  anak dalam menyikapi berbagai pengaruh di lingkungannya. Kepada RRI, Sosiolog Universitas Andalas, Mira Elfina, Senin, (8/4/2019) mengatakan, meja makan  salah satu  wahana  strategis menjalin suasana kebersaman  dalam keluarga. Banyyak persoalan yang bisa dipecahka bersama, termasuk persoalan yang dihadapi anak dalam proses tumbuhkembangnya. Menurutnya, keluarga  memiliki peran strategis dalam mengurangi angka pengguna narkoba. Sebagian remaja yang terjebak dalam pusaran narkoba, tidak lain disebabkan kelalaian keluarga dalam membina anak-anaknya. Oleh karena itu, ketahanan keluarga menjadi kunci pokok dalam memberantas penyalahgunaan narkoba. Lebih lanjut Sosialog Wanita dan Keluarga, Mira Elfina menuturkan, darurat narkoba yang melanda Indonesia sekarang ini harus disikapi serius.

''Harus ada kepedulian nyata berbagai pihak dalam menyikapi persoalan tersebut, salah satunya mulai diterapkan dari lingkungan terdekat yakni keluarga,'' tegasnya.

Pada umumnya, kasus penyalahgunaan narkoba dipicu kekecewaan anak terhadap lingkungan terdekatnya sehingga untuk pengalihan suasana, anak-anak tersebut mengalihkan perhatiannya  pada narkoba. Orang tua harus introspeksi diri jika menghadapi kasus yang  merusak masa depan generasi penerus bangsa ini.  Perhatian dan pengawasan kedua orang tua mutlak dibutuhkan guna terbentuknya mental dan keperibadian anak yang tangguh, terjauh dari pengaruh buruk lingkungan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00