• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Jamban Sehat, Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Pedalaman

19 March
15:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Pembangunan 30 unit jamban yang  tersebar pada tiga desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai idealnya dapat memenuhi kebutuhan warga sekaligus upaya  menciptakan pola hidup sehat. Harapan tersebut diungkapkan Dandim 0319/Mentawai, Letkol Czi Didid Yusnadi kepada RRI, Senin, (18/3/2019). Krusialnya, kegiatan TMMD berorientasi pada pembangunan jalan untuk keperluan evakuasi dan ekonomi,  namun masukan yang diterima dari berbagai pihak termasuk masyarakat  pada akhirnya menyetujui,  pembangunan 30 unit jamban pada  kegiatan  TMMD 104  Mentawai. Menurut Letkol Czi Didid Yusnadi, masing-masing desa  mendapatkan bantuan 30 unit jamban sehat.  Selain jamban, kemanunggalan TNI bersama rakyat juga mengarah pada pembangunan fisik lain seperti jalan, jembatan dan perbaikan  rumah tidak layak huni serta  rumah ibadah.

''Pada minggu ketiga pelaksanaan kegiatan TMMD 104 Mentawai, pengerjaan infrastruktur sudah mencapai tahap  90 persen dan ditargetkan rampung sesuai waktru yang ditetapkan,'' ungkapnya. 

Soal anggaran kegiatan tahunan itu, Dandim 0319/Mentawai, Letkol Czi Didid Yusnadi menjelaskan,  khusus pembukaan lahan jalan sepanjang 5 kilometer menelan biaya senilai 1,9 Milyar rupiah dan didukung dana  lainnya dari komando atas senilai 360 juta  rupiah untuk keperluan makan dan transportasi prajurit. Selain didukung ratusan satgas dari berbagai satuan, TMMD 104 Mentawai juga melibatkan seluruh  komponen masyarakat yang selama ini mengharapkan pembaharuan dengan kehidupan perekonomian yang jauh lebih sehat dan menjanjikan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00