• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

15 Ribu Kampung KB Tersebar di Indonesia

4 March
18:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang Pariaman : Untuk mewujudkan keluarga maju, sejahtera dan mandiri, masalah kependudukan harus  menjadi prioritas terutama dalam hal pemberantasan kemiskinan, peningkatan program keluarga berencana, pendidikan, kesehatan keluarga  dan  peningkatan  sarana prasarana guna  menunjang kualitas hidup keluarga yang lebih baik. Kesemua  itu  perlu  mendapatkan perhatian dan ditangani secara terpadu oleh stakeholder  dan mitra kerja terkait.

Menyikapi  hal itu,  Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional-BKKBN Nofrijal menjelaskan, hingga tahun  2019 ini, di Indonesia telah hadir lebih kurang 15 ribu kampung KB yang tersebar  pada setiap desa dan kecamatan.

Sejak diresmikan oleh Presiden tahun 2016 lalu hingga tahun 2019, sudah berdiri Kampung KB di setiap Desa dan Kecamatan lebih kurang 14 ribu dan ini hampir mendekati 15 ribu,”ujar Sestama BKKBN Nofrijal saat melakukan kunjungan ke lapangan dalam rangka kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat Nasional di Kampung KB Pandan Puti Kencana Korong Balah Aia Nagari Koto Tinggi Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, Senin (04/03/2019).

Sestama BKKBN Nofrijal menjelaskan,  tujuan didirikannya Kampung KB tersebut adalah  untuk meningkatkan  Program KB  dan  menjangkau daerah-darah yang jauh dari pusat keramaian//Secara Nasional,  pencapaian Program KB tersebut menurut Nofrijal pada tahun 2017 lalu dapat menekan dan menurunkan angka kelahiran hingga  2 koma 4 persen.

“2017 baru dapat menembus belenggu kevakuman keberhasilan, sejak 2002 program KB tidak memberikan dapat terhadap penurunan angka kelahiran, 2002 angka kelahiran 2 koma 6 persen sama di tahun 2012.
2017 baru dapat diturunkan menjadi 2 koma 4 persen,”tambah Nofrijal.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman,  Ali Mukhni dalam paparannya mengatakan, pencapaian target pemenuhan akseptor baru dan target di bidang Keluarga Berencana sejak tahun 2010 hingga 2016 terpenuhi melebihi dari target yang ditetapkan BKKBN, khususnya untuk jenis alat kontrasepsi metode jangka panjang.

“medis operasi wanita 1558, medis operasi pria 656 dari pasangan usia subur 64.764 orang dan sisanya adalah pengguna jenis alat kontrasepsi lainnya,”

Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat Nasional dipusatkan di Pantai Kata Pariaman. Kegiatan dihadiri oleh Aster Panglima TNI Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit, Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat Dwi Listyawardani, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Perwira tinggi TNI Korem dan Dandim se Indonesia, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00