• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Pemprov Sumbar Perangi Perilaku LGBT, Bukan Memusuhi Pelakunya

29 November
17:03 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang; Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menegaskan, Pemprov Sumbar ‘memerangi’ perilaku seks menyimpang lesbian, gay, bisexual dan transgender (LGBT). Pelaku LGBT tidak dimusuhi selama mereka ingin berubah. Bahkan Pemprov akan membantu mereka yang tenaga profesional seperti dokter ataupun psikiater. 

“Perilaku LGBT itu jelas menyalahi agama dan adat di SUmbar. Tapi kita tidak anti pada pelaku LGBT. Pelakunya bisa saudara kita, bagian dari keluarga kita, yang perlu kita bantu supaya sembuh. Kita sayang pada mereka. Pendekatan ini harus dilakukan dengan konseling, psikolog, psikiater,” ungkapnya saat membuka kegiatan lembaga layanan perlindungan perempuan dan anak dalam rangka menanggulangi LGBT di Sumbar, di Padang, Kamis (29/11/2018.

Sementara, untuk mempersempit penularan perilaku LGBT pada generasi muda, jelas Irwan, Pemprov Sumatera Barat mengajak masyarakat memperkuat ketahanan keluarga. Orang tua harus berperan memberikan pemahanan pada anak-anaknya tentang bahaya LGBT. Selain itu mengawasi pergaulan mereka supaya tidak terjerumus pada hal negative itu.

“Setelah keluarga, di sekolah para guru juga harus aktif memberikan pengertian pada siswa tentang hal buruk LGBT,” harapnya.

Memperkuat gerakan ketahanan keluarga dan lingkungan dalam mencegah penyebaran LGBT, ungkap Irwan, Pemprov Sumbar mengusulkan adanya Perda Ketahanan Keluarga, yang akan segera ketok palu di paripurna DPRD Sumbar.

Gerakan Pemprov Sumbar melawan perilaku LGBT sangat gencar dua tahun terakhir. Sebab, hasil pemetaan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Sumbar yang bekerjasama dengan Perhimpunan Konselor VCT HIV Indonesia Sumbar mengungkapkan, estimasi LGBT pada 2018 di Sumbar mencapai 20 ribu orang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00