• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dinkes Sumbar Siapkan Obat Antisipasi Penyakit Pasca Banjir di Sumbar

6 November
13:02 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang; Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan berbagai obat-obatan untuk masyarakat terdampak banjir pada sejumlah kabupaten/kota di Sumbar. Sebab, pasca banjir rentan tersebar berbagai penyakit. Misalnya, diare, batuk, pilek, ispa, hingga penyakit kulit.

“Stok obat-obatan di Dinkes Provinsi Sumbar tersedia. Penyalurannya ke daerah dikoordinasikan dengan Dinkes setempat,” ungkap Kepala Dinkes Sumbar, Merry Yuliesday, di Padang, Selasa (6/11/2018).

Merry menjelaskan, untuk penanganan kesehatan warga di lokasi terdampak banjir, terlebih dahulu dilakukan Dinkes kabupaten/kota bersangkutan. Jika, membutuhkan bantuan, maka tenaga medis dan obat-obatan dari provinsi akan dikirim secepatnya.

“Seperti banjir di Pasaman, Dinkes kabupaten minta bantuan. Kami langsung turun ke lapangan,” ucapnya.

Menurut Merry, kerentanan penyebaran penyakit pasca bencana terjadi akibat daya tahan tubuh masyarakat yang menurun. Ditambah lagi, ketika bencana, mereka kehilangan akses untuk hidup layak.

“Air bersih kurang, makanan begitupula, sanitasi tak ada, kondisi lingkungan yang tidak bersih, sehingga penularan penyakit cepat terjadi,” tuturnya.

Baca juga : Dua Anak Meninggal Terseret Banjir di Padang

Sebelumnya, bencana banjir dan longsor terjadi susul menyusul selama sepekan terakhir di Sumatera Barat. Wilayah yang terdampak yakni di Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Sijunjung, Agam, Pasaman, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, dan Kepulauan Mentawai.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00