• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Berlatar Belakang Pengguna Narkoba

1 October
17:42 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Sebagian besar anak jalanan yang menjalani pembinaan mental di Yonif 133 Yudha Sakti berlatar belakang pemakai narkoba.  Dengan adanya  kegiatan penanganan anak jalanan yan dilakukan  secara  terpadu, hasil kerjasama antara  Pemko Padang dan Yonif 133 Yudha sakti diharapkan penyakit sosial di lingkungan masyarakat makin berkurang, sebagaimana diungkapkan Danyonif 133 Yudha Sakti, Letkol Infanteri Endik Hendra Sandi kepada RRI, Senin, (01/10/2018).

Anak-anak tersebut menurut Endik umumnya masih memiliki keluarga, namun karena pergaulan yang terlalu bebas, mereka terjerumus pada hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan anak-anak seusia itu. Mereka luput dari pengawasan orang tua dan lebih banyak menghabiskan waktu di jalanan. Pembinaan mental  yang  berlangsung selama sepekan  itu berorientasi pada pembentukan  kedisiplinan anak. 

''Tidak mudah meyakinkan anak bisa terlepas dari belenggu obat-obat terlarang dan menerapkan pola hidup sehat usai berakhirnya pelatihan. Harus ada keberlangsungan program yang akan menuntun anak-anak tersebut sampai pada sasaran yang dituju yakni kemandirian,'' ujar Endik.

Pemerintah dan stakeholder lainnya mesti fokus menindaklanjuti persoalan tersebut dan jika perlu,  kegiatan pembinaan yang dijadwalkan sekali dalam setahun ini,  bisa ditingkatkan ke depannya, baik dari  segi kuota maupun maupun anggaran untuk kegiatan pembinaan. Pembinaan anak jalanan  yang berlangsung di  Yonif 133 Yudha Sakti sudah memasuki tahun kedua dengan jumlah kuota setiap tahunnya 20 peserta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00