• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Layanan Kesehatan Masyarakat Kawasan Pesisir Pantai

5 September
17:33 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Masyarakat pesisir pantai memiliki risiko kesehatan yang cukup tinggi sehingga dalam penanganan kesehatan perlu mendapatkan perhatian khusus. Sejalan dengan keinginan tersebut, Lantamal II bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pesisir Selatan menyelenggarakan  pengobatan  umum dan  layanan Keluarga Berencana - KB, Rabu, (05/09/2018). Tidak hanya itu,   tim medis yang didatangkan  juga membuka layanan  pemeriksaan gigi gratis  kepada  siswa-siswa Sekolah Dasar Negeri 13 Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepada RRI, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut - Danlantamal II, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman menekankan, hal krusial dalam pembangunan kesehatan adalah rendahnya partisipasi masyarakat dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Memperingati HUT ke-73 TNI Angkatan Laut yang diperingati tanggal 10 September mendatang, Lantamal II menyelenggarakan  kegiatan bakti sosial kesehatan  yang disambut positif masyarakat daerah. 

''Antusias masyarakat mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Masyarakat yang memanfaatkan layanan  pengobatan umum cukup banyak, terdata sebanyak 170 orang. Demikian pula pemeriksaan gigi, diikuti sebanyak 178 pelajar sekolah,'' paparnya kepada RRI. 

Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman menuturkan, pembangunan masyarakat Indonesia yang merata, adil dan makmur tidak semata tertumpu pada pemerintah. Komponen lainnya juga dibebankan tanggungjawab yang sama, seperti halnya TNI Angkatan Laut yang dalam tugasnya dituntut mampu  berkolaborasi, membantu pemerintah  dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan di daerah. Dengan adanya layanan kesehatan ini, masyarakat daerah  jelas Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman akan terbantu mendapatkan  pengobatan yang jauh lebih mudah. Pada prinsipnya, sistem informasi kesehatan terbaru serta layanan jemput bola ini memberi kemudahan bagi masyarakat pesisir pantai yang selama ini terkendala minimnya akses transportasi dan lainnya. 

Melalui  kegiatan  sosial dan kemanusiaan tersebut, TNI akan makin dekat dengan masyarakat. Program-program yang digulirkan TNI Angkatan Laut ke kawasanb pesisir pantai betul-betul mencapai sasarannya. Kesempatan yang ada hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat karena mencegah penyakit jauh lebih baik dibandingkan berobat setelah merasakan sakit.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00