• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Sumatera Barat dengan Akses Sanitasinya yang Tidak Layak

15 August
20:38 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang : 22 persen masyarakat di Sumatera Barat belum memiliki akses sanitasi yang dinilai layak. Diperkirakan 1,2 juta penduduk daerah yang saat ini masih membuang kotoran sembarangan di sungai dan sumber air lainnya. Hal itu diungkapkan  Penasehat Air Minum dan Sanitasi, Bambang Pujiatmoko pada Workshop Orientasi Media pada salah satu hotel di Padang, Rabu, (15/08/2018). Menurut Bambang, tidak mudah mengubah kebiasaan masyarakat membuang kotoran sembarangan, dibutuhkan proses yang cukup panjang dan tentunya dengan keikutsertaan semua komponen.

''Pemerintah, masyarakat, LSM dan pihak terkait lainnya harus membangun sinergi untuk percepatan pembangunan sanitasi lingkungan,'' ujarnya. 

Bambang mencontohkan salah satu daerah yang merespon cepat pembangunan sanitasi lingkungan, yakni Kabupaten Pringsewu. Pada tahun 2015,  pembangunan akses sanitasi masyarakat di kabupaten setempat baru 69 persen. Dalam hitungan dua tahun  berikutnya, persoalan  sanitasi lingkungan dapat diselesaikan dengan melibatkan elemen terkait. Hal tersebut harusnya dapat diterapkan di daerah lain, seperti Sumatera Barat. Kehidupan agamis masyarakat Sumatera Barat mestinya dapat memicu percepatan pembangunan akses sanitasi di daerah. Dengan demikian, tidak ada alasan masyarakat daerah tetap bertahan dengan pola hidup tidak sehat itu. Selain faktor religi, hal lain yang diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan akses sanitasi di Sumatera Barat adalah keinginan dan niat para perantau Minang membangun daerah sehingga ke depannya tidak ada lagi warga Sumatera Barat  yang membuang kotoran sembarangan ke sungai dan sumber air lainnya. Masyarakat tergerak membangun akses sanitasi yang nyaman di rumah guna terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00